Home » Beredar Kunci Jawaban Soal UN Bahasa Inggris

Beredar Kunci Jawaban Soal UN Bahasa Inggris

BALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM —Carut-marut pelaksanaan Ujian Nasional 2013, kembali diwarnai beredarnya kunci jawaban melalui pesan singkat atau SMS. Bocoran jawaban materi UN Bahasa Inggris melalui pesan singkat blackberry messenger (BBM) seakan menambah polemik. Kunci jawaban UN ini beredar luas di wilayah Balikpapan. Dalam SMS ini tertulis paket kunci jawaban untuk mata pelajaran bahasa Inggris.

Sejumlah siswa SMA kelas XII di beberapa sekolah di Balikpapan telah menerima jawaban ini. Para siswa bereaksi dengan menyebar jawaban tadi ke teman-teman yang lain. Kunci jawaban yang beredar diawali dengan pesan “Paket 1-10 Bahasa Inggris P (1)”. Kemudian terdapat soal diikuti kunci jawaban secara berantai. Setiap paket soal membahas tema yang berbeda hingga 10 paket, dan kunci jawabannya berada di bawah tema soal ini.

Timothius, pelajar SMA Negeri 1 Balikpapan mengakui banyak beredarnya jawaban bocoran sejumlah mata pelajaran UN, namun dia memilih untuk mengacuhkan bocoran ini, sebab dikhawatirkan akan berbeda dengan hasil materi soal yang diujikan.
Hingga saat ini belum diketahui apakah kunci jawaban yang beredar melalui SMS ini benar atau tidak. Para siswa diminta untuk tidak mudah percaya dengan SMS kunci jawaban yang tidak jelas sumbernya itu.

Masalah beredarnya kunci jawaban memang sudah menjadi masalah yang selalu muncul saat Ujian Nasional digelar, namun tak jarang ada SMS kunci jawaban yang bertujuan untuk menipu para peserta ujian.

Karena alasan inilah, para siswa diminta untuk tidak mudah percaya pada kunci jawabann yang disebar melalui pesan singkat atau SMS. Apalagi setiap siswa mendapatkan soal ujian yang berbeda-beda.(Mukmin Aziz/Riswan Danu)

Sumber: BKVCHANEL.

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.