Home » BI Balikpapan Siapkan Rp 4 Triliun Uang Lebaran

BI Balikpapan Siapkan Rp 4 Triliun Uang Lebaran

uang pecahan 1000 biBALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Kantor Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan telah menyiapkan 4 triliun uang baru yang biasanya mulai marak ditukar oleh masyarakat di Balikpapan, menjelang Idul Fitri atau Lebaran mendatang.

Peningkatan penukaran uang baru ini terkait kebiasaan masyarakat termasuk di Kota Balikpapan untuk membagi-bagikan uang pecahan kepada sanak dan saudara.Kondisi ini ternyata telah diantisipasi oleh Kantor Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan, yang menyiakan sejumlah uang baru terutama pecahannya yang lebih kecil, misalnya pecahan uang Rp1000, Rp2000, Rp5000 dan juga Rp10.000.

BI saat ini telah menyiapkan uang sebesar 4 triliun rupiah, untuk persiapan penukaran uang, kata Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan, Tutuk SH Cahyono.

Menurut Tutuk, disiapkannya dana sebesar Rp4 triliun ini melihat angka realisasi penukaran uang pada tahun 2012 lalu yang mencapai Rp1,2 triliun, selain itu juga permintaan dari sejumlah perbankan di Balikpapan mencapai Rp1,8 triliun.

Dijelaskannya, memang saat ini Bank Indonesia juga mulai mendorong masyarakat di Kota Balikpapan, untuk mulai terbiasa menggunakan uang koin pecahan Rp1000. Pasalnya penggunaan uang koin dinilai lebih efisien dan tahan lama, dibanding pecahan uang Rp1000 kertas yang nilanya sama, namun ketahanannya tidak terlalu lama.(Sammy Laurens)
Sumber: BKV Channel

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.