Home » GerbangNews » BLUD dan Akreditasi Puskesmas Berjalan Seiring

BLUD dan Akreditasi Puskesmas Berjalan Seiring

TANA PASER (GERBANGKALTIM.COM)-Langkah Pemerintah Kabupaten Paser dalam meningkatkan layanan kesehatan di Puskesmas baik yang rawat inap maupun non rawat inap adalah dengan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Akreditasi Puskesmas. Tahun ini ada empat Puskesmas yang akan diakreditasi yaitu Tanah Grogot, Kuaro, Long Ikis dan Long Kali.

Kepala Dinas Kesehatan dr Dewa Made Sudarsana mengatakan bahwa target Kementerian Kesehatan RI agar semua Puskesmas telah terakreditasi sebelum tahun 2019.

“Sebagai langkah awal kami memulai dengan empat Puskesmas tahun ini, yang akan disusul Puskesmas lain di tahun-tahun berikutnya,” kata Dewa saat rapat terkait BLUD dan Akreditasi Puskesmas yang berlangsung di ruang rapat Asisten IV, Rabu (29/6) lalu.

Dewa juga mengatakan bahwa akreditasi merupakan dasar Puskesmas menuju BLUD.

“Intinya bagaimana pelayanan kesehatan meningkat dan ini ditunjang dengan ketersediaan sumber daya manusia dan sarana prasarana pendukung yang memadai. Paling tidak di setiap kecamatan harus ada satu Puskesmas yang sudah terakreditasi,” lanjut Dewa.

Terkait BLUD, mantan Direktur RSUD Panglima Sebaya ini mengatakan bahwa Puskesmas yang yang belum BLUD sebenarnya tidak bisa menggunakan dana kapitasi dan non kapitasi. Terkait dana non kapitasi, Asisten IV Arief Rahman mengatakan bahwa ada hasil audit BPK tahun 2016 yang menjadi pekerjaan rumah brsama.

Rapat ini dipimpin oleh Arief Rahman, dihadiri kepala dan jajaran Dinas Kesehatan, Bappeda, BPKAD dan Dispenda Kabupaten Paser. Saat ini ada 18 Puskesmas terdirid ari 9 rawat inap dan 9 non rawat inap. Dari empat Puskesmas yang akan terakreditasi tahun ini, Puskesmas Kuaro paling berpeluang untuk menjadi BLUD.
Bappeda melalui Kepala Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Muksin mengatakan bahwa dokumen untuk BLUD di Puskesmas Kuaro telah lengkap dan tinggal menunggu Surat Keputusan Bupati Paser. (row)

Foto:

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.