Home » GerbangNews » BNN Balikpapan OTT Bandar dan Narkoba dari Belanda
Penjelasan BNN Kota Balikpapan tentang penangkapan HS yang mendatangkan narkoba dari Belanda, Selasa (10/1/2017).(foto: gerbangkaltim/hm)

BNN Balikpapan OTT Bandar dan Narkoba dari Belanda

BALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Sebuah operasi tangkap tangan (OTT) oleh aparat Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Balikpapan berhasil menangkap seorang yang diduga sebagai bandar narkoba yang didatangkan dari negara Belanda.

OTT berlangsung Senin (9/1/2017) sore di kawasan Jalan Mayjen Soetoyo, Gunung Malang, Balikpapan Tengah terhadap seorang pria berinisial HS yang mengendarai mobil mewah jenis BMW sehabis mengambil paket kiriman narkoba berupa kokain, sabu-sabu dan ektasi.

Tampaknya petugas dari BNN Balikpapan dan Satreskoba Polres sudah membuntuti terduga bandar narkoba, sehingga begitu mobilnya berada di kawasan Gn. Malang langsung dihentikan dan dikepung oleh tiga mobil dari dua arah dan samping sehingga tidak bisa lolos. Beberapa aparat berpakaian preman langsung turun dari mobil dan menyerbu ke arah mobil bernomor polisi KT 1250 KW yang dikendarai HS.

Tanpa perlawanan yang berarti, aparat langsung membawa keluar HS dari dalam mobil sambil dilakukan penggeledahan oleh petugas lainnya. Satu aparat yang mengacungkan senjata ke atas tampak mengamankan sekitar lokasi dan mengosongkan jalan. Baik mobil maupun kendaraan roda dua dan warga sekitar yang melihat, tidak diperbolehkan mendekat.

Penangkapan Bandar Narkoba Mirip Adegan Film

Aksi penangkapan bak adegan dalam film  itu hanya berlangsung beberapa menit ini dan sempat jadi tontonan warga yang sedang melintas di kawasan Gunung Malang. Padahal sore itu sedang padat-padatnya arus lalulintas sehingga sempat terjadi antrean panjang. Petugas yang cukup sigap langsung membawa HS ke mobil aparat di depannya dan langsung membawa ke kantor BNN Kota Balikpapan di kawasan Jl. Abdi Praja RT. 024 Kelurahan Sepinggan Baru Balikpapan.

Kepala BNN Kota Balikpapan, AKBP Halomoan Tampubolon mengatakan pelaku HS mengirimkan barang dari Belanda ke Balikpapan dengan cara mencantumkan alamat tujuan di Balikpapan yakni ke kantor salah satu notaris yang ada di Jl Mayjend Sutoyo. Modus ini tercium aparat Kanwil Bea Cukai Kalimanan yang terus melakukan monitoring barang yang masuk dari Belanda melalui Singapura kemudian ke Jakarta hingga ke Balikpapan. Dari informasi inilah petugas Bea Cukai, BNN Kota Balikpapan dan Reskoba Polres Balikpapan melakukan pengintaian hingga akhirnya dilakukan penangkapan.

“Kepada pelaku akan dikenakan pasal yang paling berat dengan ancaman hukuman mati. Pasalnya pelaku ini sudah masuk dalam kategori bandar narkoba,” kata Kepala BNN Kota Balikpapan, AKBP Halomoan Tampubolon.

Barang bukti narkoba pesanan dari Belanda, beserta barang bukti lainnya.(foto: gerbangkaltim/hm)

Dijelaskannya, dari pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa satu paket ektasi sebanyak 20 butir. Satu paket satu paket kokain seberat 3,4 gram dan  3 paket sabu masing-masing 5,4 gram; 0.85 gram dan 0,48 gram. Selain barang haram itu, petugas juga menyita alat hisap sabu-sabu, korek api, timbangan digital. Selain itu mobil yang digunakan pelaku juga disita, beserta KTP dan SIM, STNK dan sebuah HP pintar jenis Iphone 7.

“Menurut pelaku, barang haram ini rencananya akan dipasarkan di Balikpapan,” katanya sembari menambahkan pelaku HS masih ditahan di BNN Kota Balikpapan untuk keperluan pengembangan kasusnya.(hm)

Check Also

Safaruddin, Jalan Provinsi Harusnya Mulus

Muara Komam, GERBANGKALTIM,- Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *