Home » GerbangNews » BPJS Ketenagakerjaan Paser Gencar Sosialisasi Ke Pekerja Informal

BPJS Ketenagakerjaan Paser Gencar Sosialisasi Ke Pekerja Informal

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.Com) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Paser terus menggiatkan sosialisasi manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan kepada Pekerja Informal yang ada di Kabupaten Paser.

“Kami terus lakukan sosialisasi manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan kepada Pekerja Informal di Paser karena masih banyak dari mereka yang belum memiliki jaminan sosial,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Paser I Nyoman Hary Sujana dihubungi di Tanah Grogot, Sabtu.

Pekerja Informal kata Nyoman, mereka yang bekerja secara mandiri dan swadaya.

“Karena setiap pekerja wajib memiliki jaminan sosial dari perusahaan atau orang yang memperjakannya. Oleh karena itu pekerja informal yang tidak dipekerjakan oleh orang lain, kami dorong untuk juga memiliki jaminan sosial,”

Belum lama ini lanjut Nyoman, pihaknya baru saja melakukan sosialisasi kepada 40 Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) di daerah itu.

“Sekitar Hari Rabu (26/10), kami lakukan sosialisasi manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan kepada 40 gapoktan di Kecamatan Long Kali,” kata Nyoman.

Selain itu, kata Nyoman, BPJS juga memajukan sosialisasi kepada pedagang, petani, nelayan, serta pekerja informal lainnya yang belum mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Selain program dari BPJS Ketenagakerjaan lanjut Nyoman, sosialisasi juga merupakan permintaan dari para pekerja infomal.

“Memang sosialisasi ada permintaan dari perwakilan kelompok tani. Sebagaimana sebelumnya kami telah sosialisasi di beberapa desa seperti di Desa Mendik, Desa Mendik Bakti, Desa Mendik Makmur, Desa Makmur Jaya, dan Desa Putang yang semuanya berada di Kecamatan Long Kali,” ujar Nyoman.

Manfaat program ini menurut Nyoman akan terasa saat pekerja mengalami kecelakaan dan kematian.

“Manfaatnya akan terasa jika terjadi resiko kecelakaan dan kematian yang disebabkan karena resiko bekerja,” ujar Nyoman.

“Iurannya pun cukup Rp.10.000 untuk Kecelakaan Kerja, Rp. 6.800 untuk Jaminan Kematian, serta Rp.20.000 untuk Jaminan Hari Tua. Pendaftaran bisa dilakukan melalui kelompok yang dibentuk atau perbankan yang ada kerjasama dengan gapoktan, atau bisa langsung datang ke Kantor BPJS di Tanah Grogot,” imbuh Nyoman.(Jya)

Check Also

Polda Kaltim Ungkap 38 Kasus Korupsi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sepanjang tahun 2017 lalu, Polda Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil mengungkap 38 kasus korupsi. Kasus ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *