Home » Uncategorized » BPJS Permudah Akses Kesehatan

BPJS Permudah Akses Kesehatan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Kesehatan memberikan kemudahan layanan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) selama libur lebaran, mulai H-8 sampai H+8 atau terhitung mulai tanggal 7 juni sampai 23 juni 2018.

Selama liburan lebaran,  Dinas Kesehatan Kota (DKK) bersama BPJS Kesehatan dan rumah sakit tetap memberikan pelayanan maksimal, bahkan akses pelayanan kesehatan makin dipermudah bagi peserta BPJS Kesehatan, baik faskes di puskesmas maupun rumah sakit.

Bahkan untuk peserta JKN-KIS yang menjalani mudik,  apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Kemudahan layanan ini sesuai dengan peraturan perundangan yang selama ini sudah berjalan,  peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama  dapat mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas FKTP, walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan  Endang Diyarti mengatakan,  pelayanan kesehatan baik di faskes tingkat pertama maupun rujukan seperti rumah sakit akan dimaksimalkan untuk melayani pemudik. Bahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan yang telah menyiapkan puskesmas 24 jam dan pada saat lebaran nanti.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab bila ada faskes tingkat pertama yang tidak membuka layanan kesehatan,  maka peserta bisa mengakses ke unit gawat darurat (UGD) yang ada di rumah sakit.

Selain itu, pelayanan kantor tetap buka meski hanya setengah hari. Di kantor ada  petugas yang piket sejak jam 8 pagi sampai 12 siang dan dimulai pada tanggal 11 sampai 14 kemudian disambung 19 sampai 21 Juni nanti. (hm)

Check Also

“Laporkan ke Bawaslu atau Polisi”

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Terus memuncaknya polling cagub-cawagub Kalimantan Timur (Kaltim) Rusmadi-Safaruddin, muncul “serangan” lewat akun-akun berkonten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.