Home » GerbangNews » BPKP Kaltim Minta Aparat Jujur Kelola Uang Negara
Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kaltim Doddy Setiadi

BPKP Kaltim Minta Aparat Jujur Kelola Uang Negara

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.com) Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Timur meminta kepada aparat di daerah itu untuk berlaku jujur dalam mengelola keuangan negara.

“Dalam mengelola uang negara, aparat harus jujur dan disiplin. Meski sudah ada aplikasi yang mengatur, tetap saja itu tergantung dari manusianya,” kata Kepala BPKP Kaltim Doddy Setiadi saat mengunjungi Paser saat kegiatan Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa berbasis aplikasi di Tanah Grogot, Senin.

Selain jujur dan disiplin kata Doddy, aparat juga harus aktif berkoordinasi dengan BPKP terkait penggunaan anggaran.

“Aparat harus aktif berkoordinasi dengan BPKP, agar tidak terjadi pelanggaran dalam penggunaan anggaran negara. Karena BPKP punya fungsi pembinaan. Jangan sampai ada kejadian pelanggaran” kata Doddy.

Menurut Doddy, aparat negara pada umumnya acapkali melakukan penyelewengan keuangan negara dalam hal pengelolaan barang dan jasa dan perpajakan.

“Banyak aparat yang tidak mengerti sehingga melakukan kesalahan dalam pengelolaan barang dan jasa serta pajaknya,” kata Doddy.

Oleh karena itu kedepan kata Doddy, BPKP dan Kanwil Pajak Kaltim akan melakukan sosialisasi pengelolaan potensi pajak, khususnya yang ada di setiap desa.

“Kanwil Pajak Kaltim bersama Pemda kedepan akan bersinergi untuk menggali potensi perpajakan yang ada di setiap desa,” Kara Doddy.

Aparat lanjut Doddy, harus mengerti dan jeli terkait potensi perpajakan yang ada di daerah di perdesaan.

“Jangan sampai kita tidak tahu ada objek yang harus dipungut pajak. Setelah itu pun, kita harus paham mekanisme perpajakan dan penyetoran pertanggungjawabannya,” pungkas Doddy.(Jya)

Check Also

Safaruddin, Jalan Provinsi Harusnya Mulus

Muara Komam, GERBANGKALTIM,- Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *