Home » GerbangNews » BPS Paser Validasi 23.573 Pelaku Usaha

BPS Paser Validasi 23.573 Pelaku Usaha

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.Com) Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Paser, saat ini tengah memvalidasi 23.753 pelaku usaha yang telah terdata dalam Sensus Ekonomi pada Bulan Mei 2016 lalu.

“Saat ini kami sedang memvalidasi kembali 23.753 pelaku usaha yang disensus pada Bulan Mei lalu sebelum hasilnya diserahkan ke BPS Pusat”, kata Bahramsyah di Tanah Grogot, Selasa (22/11).

Jumlah pelaku usaha di Kabupaten Paser kata Bahramsyah mengalami peningkatan sebesar 30,98 persen dari jumlah pelaku usaha pada Sensus Ekonomi Tahun 2006.

“Jumlah pelaku usaha di Paser mengalami peningkatan sebesar 30,98 persen, dari jumlah pelaku usaha sepuluh tahun yang lalu yakni sebanyak 18 ribu pelaku usaha,” kata Bahramsyah.

Sebanyak 23 ribu pelaku usaha tersensus pada sensus ekonomi. Meningkat sekitar 30,98 persen dari sensus ekonomi sepuluh tahun yang lalu, sekitar 18 ribu pelaku usaha.

Proses validasi diantaranya kata Bahramsyah, melakukan pengecekan ulang omzet dari pelaku usaha yang telah terdata.

“Jangan sampai kalau usahanya besar, pekerjanya banyak, tapi kok omzetnya sedikit. Itu tidak masuk akal. Contoh seperti itulah yang kami cek ulang,” kata Bahramsyah.

BPS lanjut ia, harus sangat telitit memvalidasi data yang tercatat sebelum diumumkan di publik dan menjadi rujukan beberapa pihak.

“Data sensus ini harus hati-hati sekali validasinya, sebelum dipublish ke publik dan menjadi bahan rujukan atau bahkan pertimbangan kebijakan pemerintah”, kata Bahramsyah.

BPS kata Bahramsyah, mengakui beberapa petugas pencacahan data di lapangan pada Sensus Ekonomi beberapa bulan lalu diantaranya masih ada yang tidak teliti.

“Ada beberapa petugas yang langsung menulis apa yang dijawab pelaku usaha saat wawancara. Seharusnya petugas mengecek dengan teliti dan hal itu tidak mungkin akan terjadi,” ujar Bahramsyah.

Hasil validasi lanjut Bahramsyah akan diserahkan paling lambat 30 November dan akan dipublikasikan oleh BPS Pusat pada awal 2017.

“Hasilnya nanti di Tahun 2017 akan dipublish,” pungkas Bahramsyah.(Jya)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.