Home » BTN Balikpapan Targetkan Rp120 M untuk Kredit Perumahan

BTN Balikpapan Targetkan Rp120 M untuk Kredit Perumahan

Balikpapan, Gerbangkaltim,_

Kendati Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan hingga mencapai 6,5 persen, pertumbuhan kredit perumahan diperkirakan tidak akan berubah. BTN (Bank Tabungan Negara) yang merupakan penyalur terbesar kredit perumahan menargetkan tahun ini mampu menyalurkan Rp120 miliar rupiah khusus di Balikpapan.

Dengan dua skema kredit yang tersedia, BTN Cabang Balikpapan akan memperbesar penyaluran kredit.

Skema kredit yang menjadi focus BTN adalah kredit komersil dan consumer. Manager BTN Cabang Balikpapan Ansar Andi Said mengatakan penyaluran kredit perumahan bersubsidi tidak akan terpengaruh atas kenaikan suku bunga acuan.

Dari total target Rp120 miliar, sekitar 60 persen atau Rp70 miliar akan disalurkan untuk perumahan bersubsidi melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan dengan tingkat bunga 8,5 persen.

BTN memanfaatkan program yang disediakan pemerintah untuk membantu perbankan dalam memberikan kredit perumahan bersubsidi yang masih sangat minim.

Fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan merupakan subsidi bunga yang sengaja diberikan pemerintah bagi golongan masyarakat berpendapatan rendah atau masyarakat menengah bawah agar bisa menjangkau harga rumah.

Dengan demikian, BTN memberikan porsi yang lebih besar untuk sektor perumahan bersubsidi karena jumlah peminat semakin tinggi. Melihat potensi yang ada di Balikpapan, BTN optimis penyaluran kredit perumahan bisa mencapai Rp200 miliar, meski dibanding penyaluran tahun 2010 target tahun ini tergolong kecil.

BTN mencatat Rp130 miliar rupiah pencapaian kredit yang berhasil dibukukan tahun lalu dari Rp110 miliar yang ditargetkan. Dengan realisasi tersebut hanya 50 miliar yang terserap untuk perumahan bersubsidi, sisanya kredit komersil.(Tim BKV Channel)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.