Home » GerbangNews » Bukan Hitung Cepat, KPU Balikpapan Tetap Lakukan Tabulasi Suara Formulir C1
Ilustrasi formulir C1 waktu Pilpres. Insert: Ketua KPU Balikpapan Noor Toha.(dok KPU:kpu.go.id)

Bukan Hitung Cepat, KPU Balikpapan Tetap Lakukan Tabulasi Suara Formulir C1

 

Noor Toha, Ketua KPU Balikpapan.
Noor Toha, Ketua KPU Balikpapan.Balikpapan, GERBANGKALTIM.com,— Ribut-ribut soal hitung cepat , di kantor KPU Balikpapan setelah adanya protes dari salah satu pasangan calon, ternyata tidak menghambat proses tabulasi suara, karena merupakan kewajiban KPU daerah sebagai laporan ke KPU pusat.

Ketua KPU Balikpapan Noor Toha kepada Gerbangkaltim.com menegaskan KPU Balikpapan tidak melakukan hitung cepat atau quick count. KPU melakukan tabulasi suara yang bersumber dari formulir C1 untuk kepetingan laporan ke KPU Pusat.

“Perhitungan itu untuk internal KPU. Kami masukkan data dari formulir C1,” katanya.

Tabulasi suara ini terus berlangsung dan hingga berita ini diturunkan masih dalam proses pengumpulan data. Hanya saja datanya tabulasi suara itu, kini tidak ditampilkan pada layar lebar, karena khawatir banyak yang melihat dan dibagikan ke media sosial.

“Dengan pertimbangan keamanan, KPU mematikan screen layar tabulasi suara karena banyak yang nonton dan diupload melalui WA dan BBM,” kata Noor Toha sembari menambahkan dia tidak memonitor sudah berapa pesern data yang sudah masuk dalam tabulasi suara. “Saya tidak monitor sudah berapa persen sekarang,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan massa dari salah satu pasangan calon mendatangi KPU Balikpapan dan meminta proses tabulasi suara dihentikan. Massa menilai KPU tidak professional dan bisa memancing situasi yang tidak kondusif, karena data yang ditampilkan tidak sesuai kondisi lapangan. Massa juga sempat mencoba masuk kantor KPU, namun berhasil dihadang  dihadang oleh aparat kepolisan yang sudah bersiaga.

Sementara itu, pemantauan Gerbangkaltim, hitung cepat justru dilakukan oleh tiga pasangan calon. Seperti pasangan nomor urut 1 menjadikan hotel New Benakutai sebagai posko hitung cepat, sedangkan pasangan nomor urut 2 menempati Kantor Golkar, dan pasangan nomor urut 3 di hotel Sejati. (rif-gk)

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *