Home » GerbangNews » Bus Tanpa Stiker, Dilarang Angkut Pemudik
Ilustrasi armada bus.(ist)

Bus Tanpa Stiker, Dilarang Angkut Pemudik

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Dinas Perhubungan kota meminta masyarakat untuk tidak engggunkan kendaraan bus mudik yang belum mendapatkan strikerisasi kelayakan angkutan mudik lebaran 2015 ini. Hal ini penting diperhatian oleh calon penumpang dalam rangka keselamatan dan kenyamanan selama dalam perjalanan mudik.

Dishub kota melakukan uji petik untuk memastikan kelayakan kendaraan bus angkutan mudik seperti ban, rem, mesin, spion dan kelengkapan syarat teknis lainya.
Kepala Dishub kota Sudirman Djayaleksana meminta masyarakat ikut membantu dengan bersikap lebih berani melaporkan jika ada bus angkutan lebaran yang dipakai tidak mengenakan stiker lebaran.

“ Jadi kalau ada bus mudik yang belum memiliki stiker angkutan lebaran jangan naik sebaiknya. Sebab kalau ada apa-apa dijalan resiko itu tangggung jawab sendiri,” terang Kadishub Kota Sudirman Djayeleksana, Rabu (8/7/2015).

“ Ketika kendaraan itulayak kita berikan stiker ditempel didepan kaca bus. Kalau belum layak kita tidak berikan sampai pemilik melalukan perbaikan kendaraanya,” tuturnya.

Sejak 2 Juli lalu hingga sekarang pihaknya melakukan uji petik untuk memastikan kelayakan angkutan lebaran tahun 2015 ini.

“ Dari tanggal 2 Juli ini sampai sekarang ini mungkin sudah 15 unit yang mendapat stiker layak sebagai angkutan lebaran 2015,” katanya.

Pihaknya juga melakukan pendekatan dalam uji petik ini dengan masuk ke perusaahaan oto bus (PO) yang ada di Balikpapan guna memberikan pemahaman langsung kepada sopir dan pemilik bus.

Diharapkan semua perusahaan angkutan bus antar kota dalam provinsi melakukan uji petik sehiggga dapat memberikan kenyamanan bagi pemudik. Intinya kata Sudirman, pengelola/pemilik bus yang belum di uji petik tidak dibolehkan digunakan sebagai angkutan mudik lebaran.

“ Jadi kendaraan yang layak unutk lebaran itu yang sudah di stiker oleh Dishub. Kalau belum ada stiker jangan gunakan itu. Berarti belum bisa dijamin,” pungkasnya. (rif-Gk)

Check Also

PENJUAL IKAN BAKU TIKAM

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Dua penjual ikan di Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Baharuddin dan Mustamin, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *