Home » GerbangNews » Calon Kades Grogot Dukung Penyelenggaraan Pilkades Damai
Para Calon kades di kecamatan Tanah Grogot bersama Camat, Kapolsek, Danramil Tanah Grogot dan perwakilan masyarakat berpose usia mendeklarasikan komitmen pilkades damai di kantor kecamatan, Kamis (1/12)

Calon Kades Grogot Dukung Penyelenggaraan Pilkades Damai

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.Com) Seluruh calon kepala desa (kades) di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, berkomitmen untuk mewujudkan terselenggaranya pilkades damai di kecamatan itu pada Kamis (1/12).

Acara yang digelar di kantor kecamatan Tanah Grogot itu, dihadiri Camat Tanah Grogot Guntur, Kapolsek AKP Nur Asikin, panitia pilkades, tokoh masyarakat dan unsur lainnya.

Deklarasi komitmen pilkades damai dihadiri oleh calon kades dari sembilan desa yang akan menggelar pilkades serentak Desember nanti.

“Deklarasi diikuti oleh calon kepala desa dari beberapa desa seperti Desa Sempulang, Senaken, Tanah Periuk, Pepara, Parepat, Muara Pasir, Padang Pangrapat dan Sungai Langir,” kata Camat Tanah Grogot, Kamis (1/12).

Acara deklarasi dipimpin langsung oleh Camat Tanah Grogot Guntur, didampingi Kapolsek Tanah Grogot AKP Nur Asikin.

Para kades telah menyepakati komitmen bersama diantaranya seperti mentaati peraturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pilkades, mengimplentasikan demokrasi yang bermartabat, bernilai etika dan menyelesaikan masalah secara mufakat.

Calon kades juga diminta untuk menghindari segala bentuk kekerasan, intrik, intimidasi, provokasi, dan tidak melaksanakan praktek jual beli suara (money politik) dan penyuapan baik kepada pemilih maupun kepada panitia pilkades.

Apabila pilkades digelar, calon kades juga harus menghormati dan menerima hasil Penetapan Perolehan suara (siap terpilih dan siap tidak nterpilih, siap Menang dan siap Kalah).

Setelah acara pengucapan komitmen bersama oleh calon kades, semua unsur yang hadir dan para calon menandatangani komitmen bersama dan Deklarasi Damai siap menang dan siap kalah calon kades dan dilanjutkan dengan berpose bersama muspika serta perwakilan masyarakat.

Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan melalui Kapolsek AKP Nur Asikin dalam sambutannya menghimbau kepada para calon kades untuk menciptakan keamanan dengan bersikap jujur, bebas dan rahasia dalam penyelenggaraan pilkades.

Calon kades juga diminta mematuhi  ketentuan perundang-undangan yang berlaku tentang pilkades yang tertuang dalam UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, Permendagri nomor 112 tahun 2016 tentang Pilkades, dan Perda Kabupaten Paser Nomor 7 tahun 2016 tentang pilkades.

“Kami dari polisi dan TNI siap membantu pengamanan pilkades. Saya juga meminta kepada masyarakat yang hadir untuk menjadi pelopor keselamatan berlalulintas,” kata Nur Asikin.

Ajaran yang menyimpang, pemahaman radikal, apa pun yang dapat memecah belah bangsa kata Nur Asikin diharapkan untuk dapat diwaspadai.

“Kami polisi dan TNI mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk keamanan agar pelaksanaan pilkades berjalan lancar,” tutup Nur Asikin.(Jya)

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *