Home » Gerbang TNI » Cegah Kelompok Radikal ISIS
Bersatu mencegah masuknya kelompok radikal ISIS. (Foto : Pendam VI/Mlw)

Cegah Kelompok Radikal ISIS

Banjarmasin, GERBANGKALTIM.com – Pemerintah Kabupaten Banjar, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Kodim 1006/Mtp, Kemenag Kabupaten Banjar Dan Polres Banjar Menandatanganani Memorandom Of Understanding (MoU) tentang penanganan dan penolakan kelompok radikal (ISIS), di Masjid H Bunyamin, Ponpes Ushuludin, Desa Tambak Anyar Ilir Kecamatan Martapura.

Kegiatan  sosialisasi kontra radikalisasi dan deradikalisasi itu temanya “Meningkatkan Pemahaman Wawasan Kebangsaan untuk Mencegah Masuknya Faham Radikal (ISIS) di Provinsi Kalsel”.

Kegiatan yang dipimpin Bupati Banjar H Pangeran Khairul Saleh tersebut dihadiri Dandim 1006/Mtp Letkol Inf Ade Eka Putra S.I.P, Dir Intel Polda Kalsel Kompol Trijan Faisal, Wakapolres Banjar Kompol Ibrahim Aji S.I.K, Kepala Kemenag Kabupaten Banjar Drs H Muslim M.Pd.I, Pimpinan Ponpes Ushuludin KH Juchran, Muspika Kecamatan Martapura Timur, para santri dan santriwati, tokoh masyarakat Desa Tambak Anyar Ilir serta undangan lainnya yang jumlahnya lebih dari 200 orang.

Isi MoU yang intinya menolak masuknya paham ISIS di wilayah Kalsel itu : Pertama, menolak keberadaan ISIS dengan segala bentuk aktivitasnya, karena tidak sesuai Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Kedua, bertekad menciptakan dan menjaga suasana aman dan nyaman dari segala bentuk gangguan di Kabupaten Banjar, demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ketiga, menyatakan bertekad membangun kesadaran warga masyarakat dari segala bentuk provokasi yang dapat merusak kerukunan serta memecah-belah umat beragama, demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

Keempat, bertekad melaksanakan koordinasi deteksi dini, deteksi aksi serta segera melaporkan kepada instansi berwenang bila melihat, menemukan adanya kegiatan terkait ISIS di wilayah Kabupaten Banjar yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

MOU tersebut ditandatangani oleh Bupati Banjar Pangeran Khairul Saleh, Direktur Intelkam Polda Kalsel Kombes Pol Trijan Faisal, Dandim 1006/Mtp Letkol Inf Ade Eka Putra, Kapolres Banjar AKBP Daru Cahyono, Kepala Kemenag Banjar Muslim, dan Pimpinan Ponpes Ushuludin Muhammad Juchran. (herlan-surya)

Check Also

Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Soal banjir yang makin dikeluhkan masyarakat Kota Samarinda,  Rusmadi menceritakan pengalamannya, bahwa jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *