Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » DEFISIT APBD BALIKPAPAN RP 91 M
Walikota Rizal Effendi dan Ketua DPRD Balikpapan serta lainnya terlibat pembicaraan serius

DEFISIT APBD BALIKPAPAN RP 91 M

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Fraksi-Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), sepakat dengan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (Rapbd) Kota Balikpapan tahun 2018 sebesar 2,10 triliun rupiah dengan defisit sebesar 91 miliar rupiah.

Kesepakatan ditandai dengan penandatanganan bersama atas RPABD menjadi APBD 2018, antara Walikota Rizal Effendi bersama Ketua DPRD Abdulloh dan tiga pimpinan DPRD. Pemerintah Kota (Pemkot) bersama fraksi-fraksi dan pimpinan DPRD menyepakati RAPBD 2018 pada Rapat Paripurna DPRD, mengenai pandangan akhir fraksi-fraksi mengenai RPABD tahun 2018.

Besaran defisit mendekati angka 5 persen dari ambang toleransi 3 persen, namun dewan dan pemkot akan bisa menutup defisit ini dengan meningkatkan Pendapatn Asli Daerah (PAD) yang  dinaikkan dari 650 miliar menjadi 670 miliar rupiah.

“Potensi pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi daerah menjadi tulang punggung APBD, sehingga dengan capaian yang ada diharapkan pad bisa meningkat untuk tahun depan,” kata Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh. Dalam APBD 2018 juga telah sepakat untuk pembenahan infrastruktur dan banjir, termasuk penambahan ruang bekerja dengan fasilitas pendukung lain.

Selain itu, Abdulloh juga memastikan dengan nota kesepakatan dan penandatanganan APBD 2018 dipastikan tidak ada ancaman bagi anggota DPRD dan walikota tidak menerima gaji. Pasalnya, nota kesepakatan sudah ditandatangani dan tinggal menunggu evaluasi gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak untuk kemudian ditetapan sebagai APBD. (hm)

 

Check Also

Polda Kaltim Ungkap 38 Kasus Korupsi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sepanjang tahun 2017 lalu, Polda Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil mengungkap 38 kasus korupsi. Kasus ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *