Home » Demi Berangkat Umroh, Palsukan Sertifikat Vaksin Meningitis

Demi Berangkat Umroh, Palsukan Sertifikat Vaksin Meningitis

BALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Kepolisian Polsek Kawasan Bandara Sepinggan, Balikpapan baru-baru ini mengamankan 7 dokumen sertifikat vaksinasi meningitis palsu yang digunakan para jamaah ibadah umroh. Polisi menahan seorang pegawai jasa perjalanan ibadah umroh yang berperan menggunakan dokumen-dokumen palsu tersebut.
Ketujuh 7 dokumen serifikat vaksinasi meningitis palsu berhasil diamankan pihak kepolisian setelah Kantor Kesehatan Pelabuhan wilayah Balikpapan di Bandara Sepinggan mendapati temuan tersebut. Dokumen ini digunakan oleh tujuh jamaah umroh yang diberangkatkan oleh perusahaan jasa perjalanan ibadah di Samarinda.

Kepada penyidik ketujuh jamaah tersebut  mengakui bila  sebelumnya tidak pernah divaksin. Namun, jasa perjalanan memberikan sertifikat menjelang hari pemberangkatan. Setelah diusut, ternyata sertifikat vaksinasi atau buku kuning yang diduga palsu tersebut diberikan oleh seorang oknum pegawai jasa perjalanan ibadah umroh berinisial R. Peran R merupakan koordinator rombongan ibadah umroh dari para jamaah ini.

Dari keterangan R diketahui, dokumen-dokumen tersebut dia peroleh dari seorang kenalannya di Samarinda. Dia berdalih terpaksa menggunakan buku kuning palsu lantaran tidak memiliki waktu banyak untuk pengurusan dokumen tersebut.

Hingga kini, polisi masih memburu rekan R yang diduga memproduksi buku kuning palsu tersebut. “Belakangan dokumen-dokumen itu dinyatakan palsu, setelah penyidik melakukan uji laboratorium kriminal Puslabfor Mabes Polri,” ujar Kapolsek Kawasan Bandara Sepinggan, Kompol Nina Ike.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, R terancam hukuman penjara maksimal 8 tahun,  penjara dengan dijerat pasal 254 KUHP tentang penggunaan dokumen palsu.(Sammy Laurens)

Sumber: BKV Channel

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.