Home » GerbangNews » Deteksi Dini Potensi Ancaman, FKDM Kecamatan di Paser dikukuhkan
Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi saat mengukuhkan pengurus FKDM Kecamatan di Tanah Grogot, Rabu (2/8)

Deteksi Dini Potensi Ancaman, FKDM Kecamatan di Paser dikukuhkan

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kecamatan Kabupaten Paser masa bakti 2017-2021 resmi dikukuhkan di Tanah Grogot, Rabu (2/8). Pengukuhan dilakukan langsung oleh Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi.

Pengukuhan itu diantaranya dihadiri Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Arhanud Ardian Patria Chandra, Kepala Kesbangpol Yudha Pranoto, Kepala Kesbangpol Paser Syandansyah dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah setempat.

“FKDM adalah para tokoh yang terdiri dari tokoh agama, adat, unsur pendidik, generasi muda yang mengerti betul karakter masyarakat kecamatan,” kata Yusriansyah.

FKDM di setiap Kecamatan kata Yusriansyah diharapkan dapat bersinergi dengan Koramil dan Polsek agar dapat melakukan cegah dini terhadap potensi ancaman terhadap kedaulatan bangsa dan negara maupun deteksi gejala atau peristiwa bencana.

“Semoga pengurus dapat bekerja dengan baik. Fungsi mereka sangat membantu stabilitas keamanan dan ketenraman daerah,” ujar Yusriansyah.

Sementara Kasi Kewaspadaan Nasional Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Paser Nelson Pasaribu mengatakan tidak semua pengurus FKDM Kecamatan bisa hadir dalam kegiatan tersebut.

“Dari total jumlah pengurus 202 orang, tidak semuanya hadir,” kata Nelson.

Pengukuhan FKDM Kabupaten kata Neslon sudah dilakukan pada tahun 2016.

Nelson mengaku, keterbatasan dana membuat FKDM Kabupaten tidak bisa bekerja secara optimal. Hal itu juga membuat pihaknya tidak bisa membentuk FKDM hingga tingkat desa.

“Keterbatasan dana membuat FKDM Kabupaten belum bisa bekerja secara optimal. Begitu pun dengan belum dibentuknya FKDM hingga tingkat desa,” kata Nelson.(Jya)

 

 

Check Also

Kabel FO Telkom Grogot Tertabrak Truk, Ganggu 7 Tower Telkomsel

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Kabel Fyber Optik (FO) udara milik TelkomTanah Grogot pada Rabu (17/1) malam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *