Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » Dewan Kurang Puas Atas Pengelolaan Aset

Dewan Kurang Puas Atas Pengelolaan Aset

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Ketua DPRD kota Abdulloh mengaku belum puas atas pengelolaan dan penanganan aset kota. hal ini dapat berdampak pada PAD kota jika penanganan aset belum dilakukan secara baik dan tertib.

Hal ini dikatakan Abdulloh usai memimpin rapat paripurna DPRD mengenai jawaban pemerintah atas pemandangan umum fraksi DPRD kota terhadap nota penjelasan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2014.

“Soal itu kami belum puas karena bisa berdampak pada pengurangan pendapatan daerah. kemudian juga pembangunan bisa terhambat,” kata Abdulloh, Senin (27/7/2015).

Menurutnya pemkot perlu melakukan langkah-langkah signifikan dan lebih maju sehingga aset dapat tercatat dengan tertib dan baik.

“secara umum hasil evaluasi kami terhadap temuan-temuan BPK terutama dibagian aset. Kita belumpuas khusus penanganan aset,” tandasnya.

Dalam pandangan umum fraksi sebelumnya, dewan juga menyoroti pelaksanaan PPDB Online agar kedepan lebih baik lagi.

“ Perlu dicari solusi mengingat rasio antara output atau kelulusan dan kemampuan input atau daya tampung siswa tidak berbanding lurus yang dikhawatirkan akan menimbulkan konflik dan gejolak social di masyarakat,” ucapnya.

Ketua DPRD dalam rapat juga menyebutkan sejumlah catatan dan saran dari DPRD diantara soal perlunya perbaikan kualitas laporan keuangan dan sistem adaminstarasi pemerintah, masalah penataan pasar tradisional, penggaalian potensi PAD agar lebih serius, dan meminta pemerintah kota segera menuntaskan proyek multiyears seperti stadion, dan BIC termasuk persoalan pembebasan lahan yang masih jadi kendala.

Terkait catatan BPK mengenai aset, pemkot akan menindaklanjuti inventarisasi barang milik daerah (BMD).

“ Untuk melaksanaan pengendalian BMD pemkot melalui tim anggaran akan mencermati proses penyusunan rencana kebutuhan BMD dari masing-masing SKPD agar pengadaan BMD dapat berjalan secara efektif dan efisien,” kata Rizal dalam jawabannya atas pemandangan umum fraksi atas pelakansaan APBD 2014.

Untuk melaksanakan pengawasan BMD itu kata Rizal maka diwajibkan tiap SKPD untuk memberikan nomor inventaris pada setiap BMD serta membuat surat penunjukan status penggunaan barang-barang inventaris SKPD. “Selain itu BMD berupa tanah atau bangunan maka pemkot akan memasang patok batas, papan nama kepemilikan serta membuat pagar di sekeliling tanah tersebut,” pungkasnya. (rif-Gk)

Check Also

Kabel FO Telkom Grogot Tertabrak Truk, Ganggu 7 Tower Telkomsel

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Kabel Fyber Optik (FO) udara milik TelkomTanah Grogot pada Rabu (17/1) malam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *