Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » Dianggarkan Rp 300 M, Gedung DPRD Dibangun di Lahan eks PU Kaltim
Abdulloh ketika meninjau lokasi gedung dewan baru.(foto dok: rif-gk)

Dianggarkan Rp 300 M, Gedung DPRD Dibangun di Lahan eks PU Kaltim

Balikpapan-GERBANGKALTIM.com-–DPRD kota Balikpapan memastikan pembangunan gedung baru DPRD Balikpapan dilahan eks gedung PU Provinsi yang kini ditempati Pol PP Balikpapan jalan Jenderal Sudirman. Gedung dewan yang nantinya dilengkapi ruang paripurna berkapasitas 1000 orang itu bakal menelan anggaran hingga Rp300 miliar.
” Kita sudah bicara dengan pemerintah kota dan sudah di fixkan bahwa lokasi di lahan eks PU Provinsi,” kata Ketua DPRD Kota Abdulloh usai memimpin Paripurna DPRD, Selasa siang (10/3).
Menurut Abdulloh dari sisi luasan lebih luas di lokasi eks PU Kaltim sedangkan sisi teknis lebih mudah karena tidak perlu lagi dilakukan perhitungan taksasi lahan atau bangunan. “Sekarang tinggal dihitung luasan persisnya oleh PU. Ini lagi dibuatkan penetapan lokasi, pra design baru dibuat DEDnya,” kata Abdulloh.
Dijelaskannya, lokasi gedung dewan yang lama, ditambah lahan pemkot yang tengah dibebaskan pemerintah, belum cukup luas. ” Itu lahan gak sampai pantai. Itu kan untuk coastal road. Hanya sampai beberapa saja rumah dari belakang dewan itu. Jadi memang luasan di sana (eks gedung Pu Kaltim),” terangnya.
Abdulloh memperkirakan jika tidak ada halangan makan prosesnya akan dilaksanakan pada tahun depan. “Kalau prosesnya berjalan lancar oleh dinas teknis, insyaallah 2016 dimulai fisiknya,” sambungnya.
Diperkirakan alokasi anggaran untuk pembangunan gedung dewan dalam kisaran Rp250-Rp300 miliar. “Kalau untuk gedung 7 sampai 8 lantai dengan fasilitas seperti ruang publik untuk pendemo, ruang paripurna dengan kapasitas 1000 orang jadi ngak perlu angkat kursi meja, ada ruang terbuka seperti taman. Ya besaran bisa perkiraan Rp250 sampai Rp300 miliar,” sebutnya.
Soal ketersedian dana pembangunan gedung DPRD katanya akan disiapkan apalagi 2016 menjadi tahun terakhir pengerjaan proyek multiyears seperti stadion dan BIC. ” Kita ngak mungkin anggarkan kalau dananya tidak ada,” tandasnya.
Nantinya lokasi gedung dewan yang lama akan diperuntukan ruang terbuka hijau atau ruang publik. ” Ya pembebasan rumah jalan terus nanti untuk RTH biar masyarakat bisa punya ruang publik,” pungkasnya.(rif-gk)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.