Home » GerbangNews » Dinas Kearsipan Paser Gelar Pembinaan Arsiparis

Dinas Kearsipan Paser Gelar Pembinaan Arsiparis

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.com) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser, menggelar pembinaan Sistem Informasi Manajemen Arsip Dinamis atau Simardi, yang diikuti oleh 8 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat, Senin (27/3).

“Pembinaan Simardi agar model arsip di setiap SKPD sama dan tidak berbeda,” kata Kepala DKP Paser Herawati.
Pemateri dalam pembinaan itu kata Herawati berasal dari petugas perpustakaan setempat.

“Pematerinya ada dua orang, berasal dari Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan Paser,” kata Herawati.

Pembinaan Simardi kata Herawati diikuti oleh petugas arsip pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Selain itu petugas arsip dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kecamatan Tanah Grogot, Kecamatan Batu Sopang, dan arsiparis DKP juga mengikuti pembinaan Simardi,” ujar Herawati.

Delapan SKPD atau instansi yang telah mengikuti pembinaan Simardi kata Herawati, akan menjadi rujukan SKPD lain dalam kegiatan arsip dan pengumpulan berkas.

Sementara Kabid Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan pada DKP Paser, Zulkarnaen Ottoluwa mengatakan, pembinaan Simardi dilakukan merujuk pada Undang-undang Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan.

“Dalam undang-undang itu, perlu adanya sistem kearsipan yang baik dan benar,” ujar Ottoluwa.
Simardi kata Ottoluwa menerapkan sistem kearsipan secara baku mulai dari pengarsipan surat masuk, surat keluar, dan pengarsipan surat-surat lainnya.

Sehingga menurut ia, SKPD tidak akan mengalami kesulitas pengumpulan arsip pada akhir tahun kegiatan.

“Harapan nanti jika penataan arsip secara baku, di akhir tahun tidak akan ada lagi kesulitan-kesulitan, karena semuanya telah dilaksanakan sesuai dengan pengelolaan sistem kearsipan yang baik,” kata Ottoluwa.(Jya)

Check Also

Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Soal banjir yang makin dikeluhkan masyarakat Kota Samarinda,  Rusmadi menceritakan pengalamannya, bahwa jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *