Home » GerbangNews » Disdukcapil Rekam Data 115 Napi di Rutan

Disdukcapil Rekam Data 115 Napi di Rutan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), melakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) terhadap 115 nara pidana (napi) yang menghuni di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas Ii B Balikpapan.

Perekaman ini dilakukan untuk memastikan para napi yang mempunyai hak pilih bisa menggunakan haknya, baik pada Pemiliham Gubernur (Pilgub) 2018 ataupun Pemeilihan Legeslatif (Pileg) 2019 mendatang.

Perekaman data KTP Elektronik ini dilakukan Disdukcapil berkerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Rutan Balikpapan, untuk memastikan para napi yang tidak kehilangan hak pilihnya bisa menggunakan haknya pada Pilgub Kaltim 27 Juni 2018.

Untuk memudahkan perekaman, perangkatnya yang ada di Kantor Disdukcapil langsung dibawa ke rutan, mulai dari kompter data, kamera, pemindai sidik jari dan mata.

Kepala Seksi Administrasi Kependudukan (Kasi Siak) Disdukcapil Balikpapan, Muhammad Ihwan, mengatakan perekaman ini dilakukan kepada mereka yang telah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), namun belum pernah melakukan perekaman.

Ihwan, menambahkan saat ini di Rutan Kelas II B Balikpapan ada 250 napi yang sudah memiliki surat keterangan atau suket kependudukan, 115 napi dilakukan perekaman dan masih ada sekitar 270 napi yang sama sekali tidak memiliki data kependudukan.  Untuk mereka ini akan dicarikan solusinya dengan mengumpulkan datanya secara manual. (hm)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.