Home » GerbangNews » Disnaker Pulangkan Paksa 3 WNA
Kadisnaker Balikpapan Dewi Tirta

Disnaker Pulangkan Paksa 3 WNA

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,-

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Balikpapan memulangkan paksa tiga warga negara asing (WNA) dalam kurun waktu tiga tahun, karena kedapatan menyalahgunakan visa kunjungan untuk bekerja. Untuk menekan penyalahgunaan visa, Disnaker berharap kerjasama masyarakat.

 Terkait tiga WNA yang dipulangkan dalam kurun waktu sepanjang tahun 2015-2017 itu, dua orang terkena sanksi pemulangan paksa di tahun 2015 lalu. Satu orang meninggal tidak ada keterangan. Jadi sulit dipulangkan atau tidak dipulangkan ke negara asal. Ini terjadi tahun 2016 dan seorang lagi dideportasi tahun 2017.

Terkait keberadaan tenaga kerja asing yang saat ini menjadi perhatian berbagai kalangan, Disnaker memastikan di Balikpapan sangat sedikit dan cenderung menurun dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013 ada 600 orang TKA, kemudian jumlahnya menurun menjadi 400 orang. Pada tahun 2015,  turun lagi. Pada tahun 2016, menjadi sekitar 300 orang  dan data terakhir 2017 hanya tinggal 192 orang. Jumlah ini didominasi tenaga kerja asal Cina.

Kepala Dinas Ketenagakerajaan Kota Balikpapan/ Tirta Dewi mengatakan, jumlah TKA yang ada di Balikpapan sangat kecil jika dibandingkan jumlah tenaga kerja lokal (Balikpapan) yang mencapai 78 ribu orang.

“Menurunnya jumlah pekerja asing, karena berbagai faktor,  terutama karena berakhirnya kontrak sejumlah perusahaan migas atau tambang. Untuk menekan penyalahgunaan visa,  Disnaker berharap kerjasama masyarakat, terutama ketua RT untuk menyampaikan informasi kepada aparat setempat atau langsung ke Disnakersos. (hm)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.