Home » GerbangNews » Disnakersos Pastikan UMK Balikpapan Akan Naik Dari Tahun Lalu

Disnakersos Pastikan UMK Balikpapan Akan Naik Dari Tahun Lalu

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com — Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) kota Balikpapan memastikan Upah minimum Kota (UMK) akan lebih besar dari Upah Minimum Provinsi (UMP) 2016. UMP Kalimantan Timur untuk tahun 2016 sendiri telah ditetapkan sebesar Rp 2.161.253.

Menindaklanjuti telah ditetapkannya UMP tersebut, Kepala Disnakersos Balikpapan akan membahas UMK Balikpapan 2016 dalam minggu ini yang akan melibatkan perwakilan dari serikat pekerja, pengusaha dan akademisi. “Minggu ini akan kami bahas UMK 2016,” ungkapnya, Selasa (3/11/2015).

Ia menjelaskan kenaikan UMK Balikpapan akan tetap mengacu pada survey Kwnutuhan Hidup Layak (KHL) yang telah dilakukan Disnakersos dan UMP yang telah ditetapkan pemerintah. Karena untuk menetapkan UMK juga harus didasari oleh Peraturan Pemerintah.

Selain itu, Tirta menilai bahwa jumlah UMP maupun UMK di Kaltim tergolong tinggi jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Untuk KHL tahun ini sebesar Rp 2.218.379.

Dia optimistis bahwa UMK Balikpapan lebih tinggi dari UMP yang sudah ditetapkan. “Kita sudah jauh, akan tetapi perbandingannya tetap menggunakan KHL,” sahutnya.

Dalam penetapan UMK, lanjut Tirta, paling lambat pada 20 November 2015. Hal tersebut penting agar persoalan penetapan upah di Balikpapan tidak menjadi persoalan yang dapat mengganggu iklim investasi.(fey-Gk)

 

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.