Home » Disperindag Tangsel Razia Produk Tak Ber-SNI

Disperindag Tangsel Razia Produk Tak Ber-SNI

TANGERANG SELATAN,- Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dalam waktu dekat ini akan merazia sejumlah produk yang tidak memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia), di sejumlah mal, pasar modern, dan pasar tradisional.

Razia ini menyusul pemberlakuan perdagangan bebas yang dikhawatirkan justru akan berdampak pada kondisi perekonomian. Menurut Kepala Disperindag Kota Tangsel, Zainal Arifin, dijadwalkan razia tersebut akan dilakukan Februari mendatang. “Mulai Februari nanti, kami akan melakukan sweeping produk-produk tak berlabel SNI,” ujarnya, Kamis (28/1).

Kegiatan razia ini mengacu kepad Undang-Undang (UU) Nomor 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen. Menurutnya, kegiatan razia ini adalah bentuk keseriusan Pemkot Tangsel melindungi masyarakat dari serangan produk-produk impor. Terutama produk China yang mulai banyak masuk ke Indonesia.

“Jika kedapatan tidak berlabel SNI, maka Disperindag akan melayangkan surat sebanyak tiga kali kepada produsen. Jika tidak dihiraukan maka produknya disita,” tegas Zainal.

Menurut catatan Disperindag, ada 87 jenis produk yang sudah mendapatkan label SNI. Beberapa di antaranya, pupuk, tabung gas, ban, dan beberapa produk tepung terigu. Sementara ada 43 jenis produk Indonesia yang sudah dinotifikasi oleh World Trade Organization (WTO). Dengan demikian sudah sesuai standar dan ketentuan yang berlaku.

Dalam razia mendatang, Disperindag akan memokuskan pada produk elektronik. Dalam kegiatan razia ini, Disperindag akan melibatkan unsur Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dari Provinsi Banten, dan instansi hukum. (sn)

 

 

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.