Home » DKK Akan Sidak Jajanan Sekolah

DKK Akan Sidak Jajanan Sekolah

Dyah Muryani
Drg Dyah Muryani

BALIKPAPAN,- Guna meminimalisir efek bahaya bahan makanan tambahan (BMT) terhadap tubuh yang kerap  dikonsumsi anak-anak sekolah, Dinas Kesehatan Kota (DKK) akan terus melakukan upaya pengawasan penjualan makanan jajanan di lingkungan sekolah.

“Memang kalau di daerah lain seperti Jakarta dan kota-kota besar lainnya, memang telah memiliki mobil keliling yang bisa melakukan pemeriksaan langsung terhadap makanan jajanan tersebut, sehingga langsung dapat diketahui  apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak,” jelas Kepala DKK Balikpapan, drg Hj Dyah Muryani baru-baru ini.

Meskipun DKK tidak memiliki mobil keliling lab pengecekan terhadap jajanan tersebut, namun pihaknya terus melakukan upaya pengawasan dan pemeriksaan bekerjasama dengan pihak UKS di tiap sekolah.

“Di tiap daerah kan ada Puskesmas, makanya kami melakukan pemantauan jajanan di sekolah tersebut, jika ada indikasi mengarah ke sana, pastilah langsung dilakukan pemeriksaan di lab, apakah mengandung bahan berbahaya ataukah tidak,” ujarnya.

Pemeriksaan yang pernah dilakukan pihaknya, terutama saat Pasar ramadhan beberapa bulan lalu. Pihaknya menemukan campuran bahan makanan tambahan yang berbahaya, terutama pada zat pewarna yang digunakan.

“Hal ini jelas mengindikasikan, kemungkinan juga dapat terjadi pada jajanan utkadi sekolah-sekolah, untuk itulah kami akan terus melakukan pengawasan dan sidak terhadap para penjual, untuk mengetahui apakah mereka menggunakan bahan makanan tambahan yang boleh digunakan ataukah tidak,” paparnya.

Disebutkannya, karena  minggu-minggu ini baru pertama masuk sekolah, pihaknya  masih belum turun ke lapangan, tentunya dalam waktu dekat tim DKK akan turun ke lapangan memantau makanan jajanan di sekolah.

Disebutkan Dyah, bahaya penggunaan bahan makanan tambahan, bias berupa zat pewarna, penambah rasa dan pengawet makanan. “Efek zat-zat tambahan ini berbahaya jika di konsumsi, akan menimbulkan keracunan dalam dosis tinggi, ataupun karsinogenik (penyebab) kanker pada tubuh manusia,” jelasnya.

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.