Home » Dolog Siap Beli Beras Petani

Dolog Siap Beli Beras Petani

Sangatta, Gerbangkaltimdotcom- Dolog Samarinda yang saat ini menyalurkan beras miskin (raskin) kepada masyarakat melalui camat dank kepala desa, siap membeli beras petani di daerah ini. Jika ada daerah yang produksi padinya surplus, Dolog siap membeli dengan harga Rp 5.060 per kg.
Pernyataan itu disampaikan perwakilan Dolog Samarinda ketika melakukan sosialisasi tentang penyaluran beras miskin (raskin) di Sangatta Rabu (17/2) lalu. Pihaknya juga menjalin kerjasama dengan daerah lain untuk membeli beras seperti itu.
Kenapa Dolog berminat membeli beras milik petani? Menurut Wawan dari Dolog Samarinda, pihaknya ingin masyarakat Kutim juga bisa menikmati beras local seperti warga lainnya. Sehingga beras miskin yang disalurkan ke masyarakat kualitasnya bisa lebih baik lagi di masa mendatang.
“Saat ini kami terus berusaha meningkatkan kualitas beras yang disalurkan. Salah satunya ingin membeli beras milik masyarakat dan disalurkan di kawasan tersebut. Sebab, selama ini kita selalu mendatangkan beras dari luar seperti Sulawesi dan Jawa,” kata Wawan.
Untuk mekanisme pembelian beras dari petani itu, pihaknya meminta kerjasama yang dilakukan melalui badan hukum, seperti koperasi atau kelompok tani. Jika memungkinkan melalui Pemkab Kutim, namun bisa juga langsung dengan koperasi di desa atau kelompok tani yang ada.
Asisten Tata Praja H Idrus Yunus yang kemarin memimpin pertemuan sosialisasi itu menyambut baik rencana pembelian beras petani oleh Dolog. Pihaknya meminta kepada para camat untuk segera menginformasikan desa-desa di wilayahnya yang dinilai memiliki kelebihan produksi beras setiap tahunnya.
Jika itu bisa dilakukan, Idrus optimis akan membantu masyarakat miskin dalam menikmati jatah beras miskin (raskin) yang selama ini dipertukkan masyarakat menjadi lebih baik lagi. “Setidaknya raskin yang dibagikan ke masyarakat kualitasnya lebih baik disbanding sebelumnya,” kata Idrus.
Sejumlah Camat yang hadir langsung menyampaikan informasi beberapa desa yang mengalami surplus produksi beras. Antara lain, Sangkulirang, Karangan, Kaubun, Muara Bengkal dan Bengalon serta Long Mesengat. ***

Check Also

Panwaslu Paser: 25 September Batas Akhir Pendaftaran Panwascam

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Paser telah membuka pendaftaran anggota Panitia Pengawas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *