Home » GerbangNews » DPKP Periksa Jeroan Sapi dan Kambing

DPKP Periksa Jeroan Sapi dan Kambing

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com — Dinas Pertanian, Kelautan Perikanan (DPKP) dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) kota Balikpapan melakukan pemeriksaan Jeroan hewan kurban di 277 titik atau lokasi pemotongan hewan kurban.

Pemeriksaan ini untuk memastikan bahwa hewan kurban yang dipotong benar-benar sehat dan tidak mengandung bakteri atau virus yang membahayakan manusia.

Kepala DPKP Yosmianto mengatakan pada hari Selasa dan Rabu lalu pihaknya telah melakukan pemeriksaan fisik sapid an kambing. Pada Kamis kemarin kini giliran memeriksa jeroan hewan kurban.
” Kira ada 15 tim terdiri dari empat petugas. Kita lakukan pengecekan daging dan Jeroan secara sample saja di 277 titik pemotongan di Balikpapan, ” kata Kepala DPKP Yosmianto ditemui disela-sela pemeriksaan daging kurban di rumah keluarga besar H Sappe, Balikpapan Permai, Kamis (24/9).

Hari ini tiap tim akan melakukan pemeriksaan 4-5 lokasi pemotong hewan. Timnya telah melakukan pemeriksaan di komplek Poka, depan kantor DPKP dan rumah Haji Sappe. “ Sampai siang saya belum dapat laporan ada hewan yang berpenyakit. Ditiga tempat kita tidak menemukan,” ujarnya.

Pemeriksaan bagian dalam (jeroan) dijelaskan oleh tim kepada panitia pemotongan dilokasi pemotongan yang didatangi.” Hari ini (Kamis) kami periksa bagian dalam. Perhatian kita pada paru-paru, limpa, hati. Kalau dihati ada cacing pita dan paru kalau dibelah ditekan ada nanahnya itu ada virus maka itu harus dibuang,” terangnya.

Timnya juga sudah melakukan pemeriksaan di Poka dan kantor DPKP Yosmianto dalam pemeriksaan didampingi Kabid Kehewanan Lena.
“ Dengan pemeriksaan ini kita harapkan panitia pemotongan menjadi paham sehingga penyebaran penyakit hewan ini dapat dihindarkan,” tuturnya.

Berbeda pada pemeriksaan fisik, pihaknya menemukan hewan kambing yang mengalami masuk angin, sakit mata dan satu kambing memiliki hanya satu mata. “Kita sarankan untuk tidak dijadikan hewan kurban,” ujarnya.

Dari perhitungan hewan kurban yang dilakukan pemotong di kota Balikpapan mencapai 1500 ekor sapi dan 800 kambing. “ Itu angka Rabu kemarin ya. Bisa saja bertambah,” ucapnya.(rif-Gk)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.