Home » Info Today » DPRD Balikpapan Terima Kunker 4 Daerah

DPRD Balikpapan Terima Kunker 4 Daerah

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—DPRD kota Balikpapan, kedatangan empat kunjungan kerja dari DPRD yakni DPRD Sidoarjo, Banjarbaru, Jember dan Pulau pisau, pada Selasa (29/9/2015).

Wakil Ketua DPRD kota Sabaruddin didampingi anggotanya Nur Hadi Saputra, Danang dan HJ Suwarni dan kabag Persidangan dan Risalah Sukariyanto menerima bersamaa kunker DPRD kabupaten Sidoarja, dan DPRD Banjarbaru, Kalsel. Dari SKPD juga hadir Dirut RSUD Balikpapan Dyah Muryani, Kepala DKK Balerina dan perwakilan dispenda, BPMP2T.

Sedangkan DPRD Jember diterima oleh Komisi IV DPRD kota dan kabupaten Pulau Pisau diterima oleh Badan Legislasi daerah.

Menurut Sabaruddin DPRD selalu mendukung upaya pemerintah kota untuk melakukan peningkatan pelayanan public maupun upaya peningkatan PAD kota Balikpapan. “ Makanya banyak daerah-daerah yang berkunjung ke Balikpapan untuk belajar soal ini,” katanya.

Untuk itu, pihaknya sangat mengapresiasi atas kunjungan dari DPRD kabupaten kota dari Kabuapten Sidoarjo yang belajar tata cara peningkatan PAD,kemudian pelayanan juga. Selanjutnya ada dari Banjarbaru yang belajar mengenai pelayanan public. Kita kan sudah ada perda pelayanan publiknya, pelayanan satu pintu di BPMP2T,” jelas Sabaruddin.

Balikpapan juga memiliki kemiripan dengan kota banjarbaru yang tidak melakukan eksploitasi SDA bidang pertambangan. A R Iwansyah Ketua DPRD Banjar Baru mengatakan kota Banjarbaru selama ini mengandalkan pada perdagangan dan pajak untuk menjalankan roda ekonomi daerah:

“ Penduduk kita sekitar 246 ribu jiwa. Terbentuk sekitar 1999 dengan PAD 120 miliar dan APBD sekitar Rp1,2 triliun. Kota kita tidak ada SDA, semua dari hasil retribusi dan pajak. Jadi jangan banding Tanah bumbu dan tabalong,” katanya yang membawa 14 anggota dalam kunker kemarin.
Sementara Kabupaten Sidoarjo yang memiliki penduduk 2,2 juta jiwa ini dengan APBD Rp4,1 trilyun dengan PAD sekitar Rp 1,2 triliun.

“Penduduk banyak berasal dari pendatang karena kota industry. Sidoarjo ini sebenar banyak potensi namun belum tergali dengan baik seperti pajak parkir dan restoran. PAD ini sebenarnya bisa dapat banyak dari sekarang,” tutur Ketua Banggar Kabupaten Sidoarjo. (rif-Gk)

Check Also

PENJUAL IKAN BAKU TIKAM

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Dua penjual ikan di Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Baharuddin dan Mustamin, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *