Home » Info Today » DPRD dan Pemkot Sepakat Hindari Pembahasan Molor APBD 2016

DPRD dan Pemkot Sepakat Hindari Pembahasan Molor APBD 2016

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—DPRD kota bersama pemerintah kota menargetkan penetapan APBD 2016 pada minggu ketiga November 2015 mendatang. 

Ketua DPRD kota Abdulloh mengatakan saat ini sudah ada kesepakatan dengan walikota untuk mengejar penyelesaian pembahasan APBD 2016 hingga penetapan pada bulan November tahun ini.

Sebab  lanjut Abdulloh jika penetapan molor dari bulan Desember 2015, dikhawatirkan akan berdampak pada proses pembangunan kota tahun depan.

“ Kita targetkan sebelum pemilihan walikota 9 Desember 2015, APBD 2016 sudah disyahkan. Sebab kalau lebih dari itu APBD akan molor karena menuggu walikota terpilih yang akan dilantik pada Maret. Jelas ini akan merugikan Karena itu kita sepakat penepatan sebelum pilkada itu sudah selesai,” terang Abdulloh usai melaksanakan reses akhir pecan kemarin.

Abdulloh berpendapat jika molor penetapan APBD setelah Desember lalu terjadi sengketa pilkada antara pemenang dengan pihak yang kalah tidak menerima hasil dengan menggugat hasilnya tentu akan memakan waktu yang lebih panjang. maka hal itu tentu tidak kondusif bagi pelaksanaan APBD 2016.

“ Pilkada kan tanggal 9 Desember dan apa yang terjadi setelah itu kita tidak tahu apakah ada sengketa atau ada hal lain yang dituntut dari pasnagan tidak puas. Situasi ini akan membuat pelantikan molor, penetapan penetapan APBD juga molor. Karena kan defitinif walikota itu kan pelantikan,” tandasnya.

Karena itu untuk mengantisipasi hal itu, sebelum tanggal 9 Desember pihaknya akan menuntaskan penetapan APBD 2016.

“ Kalau kita lebih dari itu jelas warga tidak bisa menikmati pembangunan infrastruktur drainase, jalan atau lain yang rugi rakyat,”tandas Politisi Golkar ini.

DPRD dan Pemkot tambah Abdulloh akan konsisten menyelesaikan pembahasan APBD tetap sesuai waktu. Pada APBD 2015 lalupun kata Abdulloh, penetapan sudah sesuai waktu. “ 2015 lalu itu tidak molor. Saya rasa tepat waktu semua. Akhir Desember sudah selesai semua,” ujarnya.

Diperkirakan besaran APBD 2016 mendatang pada angka Rp3 trilyun lebih sebab pada APBD 2015 setelah perubahan ditargetkan sebesar Rp3,1 trilyun.

Sementara itu menyinggung pembahasan APBD perubahan 2015 ini, ungkap Abdulloh untuk pelaksanaan kegiatan yang siftanya penunjukan langsung, mulai 2 September sudah dapat dilaksanakan. Menurutnya pada minggu pertama September ini APBD P 2015  akan ditetapkan.“ SKPD PU dan lainya sudah bisa melaksanakan itu pada 2 September 2015 ini,” tukasnya.(rif-Gk)

Check Also

Pedagang Dapat Modal Tanpa Agunan

#KaloRusmadiGubernurnya Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Tak perlu menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atawa BPKB. Demikian tagline salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.