Home » GerbangNews » DPRD  Paser Kembalikan Draf  Raperda Kecamatan Tana Paser

DPRD  Paser Kembalikan Draf  Raperda Kecamatan Tana Paser

Tana  Paser, GERBANGKALTIM.com,— Komisi I Dewan Perwakilan  Rakyat Daerah (DPRD)  Paser  mengembalikan   draf  Rancangan Peraturan Daerah  (Raperda)  tentang perubahan nama Kecamatan Tanah Grogot menjadi Kecamatan Tana Paser ke pemerintah daerah setempat.

“Draf raperda Sudah dikembalikan ke pemerintah daerah sebagai pihak yang mengusulkan untuk dikaji kembali,” kata Ketua Komisi  I  DPRD  Paser  H. Abdullah, Rabu (28/1/2015).

Menurut Ketua Komisi yang membidangi pemerintahan dan hukum ini,  dikembalikannya draft raperda dikarenakan adanya keberatan dari  para tokoh masyarakat adat  Paser  yang tergabung dalam organisasi  seperti Lembaga Adat Paser (LAP), Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) dan organisasi adat Paser lainnya.

“Keberatan para tokoh adat itu  disampaikan melalui hearing dewan, dan saat itu pula diputuskan agar raperda dikembalikan ke pemerintah daerah untuk dikaji kembali,” kata Abdullah.

Keberatan yang disampaikan tokoh adat, lanjut Abdullah, diantaranya isi dari raperda tersebut banyak menghilangkan nilai-nilai historis masyarakat paser.

“Menurut mereka,  perubahan nama Kecamatan Tanah Grogot menjadi  Kecamatan Tana Paser  dinilai tidak tepat, karena Tana Paser  artinya sudah menunjukan semua wilayah di Kabupaten Paser.  Jadi tidak pas,” kata dia.

Selain perubahan nama Kecamatan Tanah Grogot menjadi Kecamatan Tana Paser,  tokoh masyarakat Paser juga merasa keberatan  dengan perubahan nama Kelurahan  Tanah Grogot menjadi  Kelurahan Tana Paser.

Sementara untuk perubahan nama Kecamatan Pasirbelengkong menjadi Kecamatan Paserbelengkong, Para tokoh masyarakat adat Paser tidak keberatan.

“ Yang berubah hanya huruf  i, menjadi huruf ‘e’. jadi yang semula Pasir menjadi Paser. Ini tidak ada masalah,” katanya.

Menurut Abdullah, karena draf raperda tentang perubahan nama kecamatan Tanah Grogot adalah inisiatif pemerintah daerah maka harus dikembalikan pemerintah daerah. (R.Wartono-gk)

Check Also

Panwaslu Paser: 25 September Batas Akhir Pendaftaran Panwascam

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Paser telah membuka pendaftaran anggota Panitia Pengawas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *