Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » DPRD PERJUANGKAN HAK WARGA GUNUNG BAKARAN
Gedung Wakil Rakyat Balikpapan.

DPRD PERJUANGKAN HAK WARGA GUNUNG BAKARAN

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Komisi I DPRD Kota Balikpapan berusaha terus memperjuangkan hak atas kepemilikan lahan bagi ratusan warga Gunung Bakaran, Kelurahan Sungai Nangka, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur (Kaltim). Bahkan, Komisi I telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang untuk mencabut Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 72 Tahun 1975 atas nama Benjamin.

Kasus sengketa lahan antara warga Gunung Bakaran dengan kuasa SHM Benjamin, Yohanes Henock, terus bergulir. DPRD melalui Komisi I, menyatakan akan terus memperjuangkan hak-hak warga. Pasalnya, sebelum shm atas nama Benjamin ini diterbitkan, warga sudah menempati lahan tersebut sejak 30 hingga 40 tahun silam.

Selain itu, sejak terbitnya SHM tersebut, pemiliki sama sekali tidak pernah merawat lahan tersebut sesuai peruntukannya, maka sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Agraria dan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 1998 tentang Penertiban dan Pendayagunaan Tanah Terlantar, maka haknya atas lahan tersebut dihapuskan.

Untuk itulah, DPRD telah mengajukan pencabutan atas SHM 72 Tahun 1975 atas nama Benjamin, sesuai juga dengan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Samarinda yang memerintahkan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Balikpapan untuk mencabut SHM tersebut.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Balikpapan, Simon Sulean, mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, agar pencabtuan terhadap SHM Nomor 72 Tahun 1975 dapat dilakukan. Bahkan dalam waktu dekat pihak kementerian juga akan turun langsung ke lapangan untuk melihat data dan fakta yang ada.

“Saat ini masih dilakukan proses persidangan terkait gugatan yang dilakukan Yohanes Henock, terhadap 223 warga yang menempati lahan tersebut,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRDd Balikpapan, Simon Sulean. Simon merasa yakin kalau warga yang diperjuangkan akan bisa memenangkan gugatan tersebut. (hm/sh)

 

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

One comment

  1. maju terus bpak simon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.