Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » DPRD Teluk Wondama Perkenalkan Batu Asli Papua Barat
Ilustrasi batu dari Papua. (sumber:http://www.lensaremaja.com)

DPRD Teluk Wondama Perkenalkan Batu Asli Papua Barat

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Demam batu akik juga melanda kalangan anggota dewan. Hal ini terlihat ketika sebanyak 20 anggota DPRD kabupaten Teluk Wondama Rabu siang saat berkunjungan ke DPRD dan Pemkot Balikpapan. Rombongan dewan dari Papua Barat ini  tak sekedar menanyakan seputar perolehan PAD, atau pariwisata dan pengelolaan kebersihan kota namun juga memperkenalkan batu akik khas Wondama, Papua Barat.

Batu ini jadi cendramata yang diberikan Ketua DPRD kabupaten Teluk Wondama Kuro M.R Matani saat diterima oleh wakil Ketua DPRD Sabaruddin di ruang rapat gabungan.

“ Batu ini sebagai kenang-kenangan dan itu asli dari teluk Wondama. Kami ingin kembangkan dan booming-kan seperti daerah-daerah,”kata Kuro, Rabu (10/6/2015).

 Di Papua khususnya daerah Papua barat sedang berkembang dunia batu yang juga diminati masyarakat Papua yakni batu pancawarna.

“Banyak juga itu berasal dari kita dan dalam waktu dekat kita gelar pameran batu disana,” tuturnya.

Uniknya, batu asli dari Wondama yang memiliki banyak warna kini belum memiliki nama dan patokan harganya.

“ Ngak tahu apa namanya tapi orang sebut pancawarna. Kita juga belum tahu harganya berapa,”timpal seorang anggota DPRD dari Teluk Wondama yang membawa puluhan batu  untuk cindramata.

Terkait kunjungan ini, pihaknya ingin belajar sejumlah aturan yang membantu pembangunan kota Balikpapan. menurutnya potensi yang ada di teluk Wondama sama dengan yang ada dikota Balikpapan yakni hasil laut, SDA dan perikanannya. “ Kami anggap Kota Balikpaan sangat maju dan banyak sekali telah terima penghargaan,” ujarnya.

PAD kabupaten Teluk Wondama baru Rp7,5-10 miliar dengan APBD Rp700 miliar dengan penduduk 40 ribu dengan luas wilayah 12 ribu km persegi. “ Primadona potensi kami pariwisata, perikanan, peternakan kehutanan, perkebunan,”sebutnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Sabaruddin Panrecalle mengapreasiasi kunjungan DPRD Teluk Wondama Papua Barat untuk belajar dan sharing mengenai potensi yang ada seperti pariwisata, PAD maupun masalah kebersihan.

“ Kunjungan dari Papua Barat ini kesannya sangat luar biasa karena ujung Indonesia bisa berkunjung ke sini. Tentu kami apreasiasi dan terimakasih sudah dikunjungi,” tambahnya.

Sebelum menerima 20 anggota DPRD kabupaten Teluk Wondama, DPRD juga menerima kunjungan dari DPRD Kendiri dan Bone.(rif-Gk)

Check Also

BNNK BALIKPAPAN PERINGATI HANI 2018

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setelah tertunda, pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 ru bisa dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.