Home » GerbangNews » DPT Pilkada Balikpapan Ditetapkan 449.987

DPT Pilkada Balikpapan Ditetapkan 449.987

DPT Pilkada Balikpapan Ditetapkan 449.987

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com — Data Pemilih Tetap (DPT) pemilihan kepala daerah (Pilkada) Balikpapan yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015, telah ditetapkan KPUD Balikpapan sebanyak 449.987 pemilih. “Setelah kita lakukan penyaringan dan validasi data di DPS ke DPT ada penurunan sekitar 22.649 pemilih. Karena DPS itu didalam terdapat pemilih ganda beridentitias KTP luar Balikpapan,” terang Komisioner KPUD Endang, dalam keterangan Kamis (1/10).

Ia menjelaskan meski sudah ditetapkan DPT, pihaknya masih memberikan kesempatan kepada pemilih yang belum terdaftar sebagai pemilih dengan mendatangi kantor KPPS untuk mendaftarkan diri. Adapun waktu yang disiapkan pada tanggal 13 – 20 Oktober 2015 di KPPS.

Sementara bagi warga yang belum masuk dalam DPT maupun DPT TB 1, masih ada kesempatan untuk mencoblos pada hari H. “ harus datang ke TPS membawa KTP. Nanti ini dimasukan ke DPT TB2. Ketentuan ini sudah diatur,” katanya.

Endang menyebutkan dari jumlah DPT Balikpapan sebanyak 449.987 pemilih, berdasarkan data kecamatan Balikpapan utara paling banyak pemilihnya, disusul kecamatan Balikpapan Selatan,tengah, barat, kota dan timur.

Sedangkan perubahan penurunan jumlah DPS ke DPT lanjut Endang terbanyak ada di wilayah Kecamatan Balikpapan Selatan yakni dari DPS 98.719 menjadi DPT 86.293 pemilih. “ Di Selatan ini penurunan sebanyak 12.136 pemilih. Disana banyak daerah kantor dan perumahan karyawan
yang ternyata masih banyak berktp luar Balikpapan,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panwaslu Kota Jumiko mengakui hasil DPT yang diumumkan Kamis siang ini cukup mengakomodir temuan Panwaslu. Sebelum ada 8000 pemilih yang diluar kewajaran. “ Apa yang kami sampaikan sudah diakomodir dan dipenuhi KPUD,” tutupnya. (rif-Gk)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.