Home » GerbangNews » DT 97 Ribu, Jatah Blanko E-KTP 4 Ribu

DT 97 Ribu, Jatah Blanko E-KTP 4 Ribu

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setiap bulan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) hanya mendapatkan jatah 4 ribu lembar blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Padahal, kebutuhan atau blanko yang diperlukan berjumlah puluhan ribu. Hal inilah yang membuat daftar tunggu (DT) semakin meningkat. Hingga saat ini DT tersebut sudah mencapai 97 ribu resi.

“Setiap bulannya, balikpapan hanya mendapatkan jatah sekitar 4 ribu blanko saja. Sedangkan daftar tunggu yang ada saat ini mencapai 97 ribu resi,” jelas Sekretaris Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan, Hasbullah Helmi. Hal ini akibat jatah yang tidak sebanding dengan daftar tunggu yang terus meningkat.

Dari 4 ribu lembar blanko tersebut, hanya mampu mencetak 900 hingga seribu dalam satu harinya, sehingga untuk mengurangi DT yang ada, Disdukcapil terus berupaya untuk meminta tambahan blanko dari pusat. Harapannya, blanko segera ada mengingat, jumlah pembuat semakin bertambah. Sementara, lembar blankonya belum seimbang. “Untuk saat ini baru pemegang resi tanggal 29 November 2016 kebawah yang bisa mengambil E-KTP-nya di kecamatan,” terang Sekretaris Disdukcapil Hasbullah.

Terhambatnya pembuatan KTP Elektronik di seluruh Indonesia ini, salah satunya diakibatkan terjadinya kasus tindak pidana korupsi oleh oknum-oknum pusat yang disebut-sebut merugikan negara dua triliun rupiah lebih. Bahkan terkait dengan kasus mega korupsi ini, sudah 2 pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di bui alias di penjara.

Sementara, tersangka/terdakwa lainnya masih menunggu peradilan, bahkan masih ada yang menjalani proses hukum atau masih dalam tahap penyidikan. Terkait dengan belum jadinya E-KTP ini sedikit tidaknya juga berpengaruh dengan pemilu yang akan bergulir tidak lama lagi. Pasalnya, makin bertambahnya pemilih-pemilih baru yang sudah semestinya mempunyai hak pilih, kemungkinan belum mendapatkan KTP. (hm/sh)

 

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.