Home » GerbangNews » Edaran Shalat Fardhu Berjamaah
Masjid Madinatul Iman, Balikpapan Islamic Center (BIC).

Edaran Shalat Fardhu Berjamaah

Sayid MN Fadli

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), menerbitkan Surat Edaran (SE), agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) umat muslim di lingkungannya bisa menjalankan shalat secara berjamaah tepat pada waktunya. SE bernomor 065/0207/ORG ini ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Sayid MN Fadli, tertanggal 9 Januari 2018.

Menurut Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Masud, diterbitkannya SE itu, bukan hanya semata untuk umat muslim saja, namun juga bagi umat lainnya yang juga mempunyai kewajiban melaksanakan ibadah, sesuai dengan kepercyaan dan keyakninanya masing-masing seperti agama Kristen Protestan, Kristen Katholik, Hindu, Budha dan Aliran Kepercayaan.

Pemkot Balikpapan mengeluarkan SE berisi imbauan kepada seluruh pegawai beragama Islam di lingkungan pemkot untuk menunaikan Shalat Fardhu secara berjamaah di mushala atau masjid tepat waktu.

“Pesan ini diberikan secara global, karena Balikpapan Kota Madhinatul Iman. Maka, setiap warganya melaksanakan ibadah sesuai agamanya. Kegiatan ini memang dimulai di lingkungan Pemkot Balikpapan terlebih dahulu untuk memberikan contoh kepada warga, sehingga nantinya kegiatan religi ini bisa diterapkan,” ujar Wawali Rahmad.

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, mengajak seluruh warga untuk melakukan doa bersama di aula pemkot. Memanjatkan doa untuk menghindari hal-hal buruk di tahun 2018 ini, dilaksanakan usai menggelar upacara penyerahan panji keberhasilan di halaman pemkot.

“Tujuan diadakannya doa bersama ini untuk menangkal hal-hal buruk bagi Kota Balikpapan,” ujar Rizal. Awal tahun 2018, balikpapan sudah mendapatkan musibah kebakaran di kawasan Klandasan Ulu yang memakan korban jiwa.

Selain itu, di Balikpapan juga terjadi kasus luar biasa (KLB) difteri dan kantor lurah yang terbakar juga menimbulkan korban luka. Menurut rizal, kedepannya dia akan berjuang bersama masyarakat untuk menghasilkan kinerja yang maksimal, terutama menangani permasalahan banjir di “Kota Beriman” ini. (hm)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.