Home » GerbangNews » ENAM TPS DISIDAK

ENAM TPS DISIDAK

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Jelang pemilihan gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), belum lama ini, Walikota Rizal Effendi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 6 kecamatan. Dari hasil sidak yang dilakukan walikota dan rombongan di enam TPS, seluruhnya sudah siap melaksanakan pemungutan suara.

Sidak dibeberapa tps ini dipimpin langsung walikota diikuti Wakil Walikota Rahmad Mas’ud, Ketua KPU, Noor Thoha dan lainnya. “Jika seluruh KPPS memiliki pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, tidak akan ada masalah,” kata Rizal.

Namun pada pilgub kaltim ini terdapat beberapa aturan baru, mengenai formulir C6 dengan KTP. Jika membawa salah satunya saja, pemilih sudah bisa melakukan pencoblosan. Selain itu, larangan membawa HP kedalam bilik suara.

Rombongan sidak di TPS 37 Kelurahan Manggar Balikpapan Timur, TPS 04 Kelurahan  Damai Balikpapan Selatan, TPS 06 Kelurahan Gurinda Baru Balikpapan Utara, TPS 11 Kelurahan Marga Sari Balikpappan Barat, TPS 20 Kelurahan Gunug Sari Ulu Balikpapan Tengah dan TPS 01 Kelurahan Klandasan Ulu Balikpapan Kota.

3 TIPE PEMILIH

Sementara itu, pada pemilihan gubernur Kaltim, Komisi Pemilihan Umum (KPU)  menjelaskan, ada 3 tipe pemilih yang bisa melakukan pencoblosan berdasarkan aturan KPU. Selain mereka pemegang formulir C6 dan KTP, yaitu mereka yang dikenal oleh KKPS dan PPS, pemilih pindahan yang membawa A5 serta orang yang tidak masuk DPT, tetapi membawa KTP bisa melakuka pemilihan diatas pukul 12.00.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, hal ini dilakukan guna menegakkan prinsip. Warga negara berhak memiliki konstitusi menggunakan hak pilihnya, sehingga jangan sampai tidak bisa menggunkan haknya. “Sejauh ini, logistik Pilgub Kaltim di Balikpapan sudah 100 persen tersalurkan ke masing-masing TPS yang ada,” katanya. (hm)

 

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.