Home » Film Julia Perez “Perawan Seberang” Ditolak Warga Dayak

Film Julia Perez “Perawan Seberang” Ditolak Warga Dayak

jupe perawan seberangBALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Warga suku Dayak yang ada di Kalimantan menolak pemutaran film yang berjudul “Perawan Seberang” yang akan mulai diputar 29 Agustus ini. Selain itu warga Dayak juga menolak pemberian gelar “Nyai Intan Garinda” kepada Julia Perez.

Warga Dayak yang tergabung dalam Dewan Kesenian Dayak Kota Balikpapan menyatakan menolak penayangan film yang berjudul Perawan dari Seberang di sejumlah bioskop yang ada di Kota Balikpapan dan sekitarnya.

Bahkan menjelang penayangan perdana nanti, warga Dayak akan mendatangi bioskop-bisokop yang akan menayangkan film yang dianggap melecehkan warga suku Dayak ini dan meminta untuk tidak ditayangkan.

Film yang dibintangi Julia Perez ini awalnya berjudul Perawan Dayak, kemudian diubah menjadi Perawan Seberang setelah mendapat protes dari sejumlah pemuka suku Dayak. Kendati belakangan judulnya di buah menjadi Perawan Seberang namun esensi filmnya masih sama.

Warga Dayak menilai, filem ini sama sekali tidak mencerminkan kehidupan warga suku Dayak yang memegang teguh sikap sopan santun dan tata karma.

Selian itu, warga suku Dayak ini juga meminta pencabutan gelar Nyai Intan Garinda terhadap Julia Perez yang dianggap tidak pantas untuk diterima Jupe karena tidak sesuai dengan kepribadiannya. Bahkan selama ini warga Dayak menilai Jupe  sama sekali tidak memberikan kontribusi yang jelas bagi warga suku Dayak di Kalimantan.

“Warga Dayak menolak penayangan film Perawan dari Seberang dan pemberian gelar Nyai Intan Garinda terhadap Julia Perez,” kata Ketua Dewan Kesenian Adat Dayak Kota Balikpapan, Bayer Gabriel.

Selain itu warga Dayak juga akan menempuh jalur hokum, jika penayangkan dilakukan, termasuk melakukan tuntutan terhadap bisokop-bioskop yang melakukan pemutaran film ini.(Muhammad Hilmansyah)

Sumber: BKV Channel

Check Also

Bersyukur Pasangan Nomor 4 Teratas

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Aura “kemenangan” Rusmadi Wongso sebagai Gubernur Kaltim periode 2018-2023 mewarnai acara open house …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *