Home » GerbangNews » FKPT Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Wartawan

FKPT Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Wartawan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com — Untuk meningkatkan sinergisitas dan tanggungjawab mencegah terorisme, serta paham radikalisme melalui media massa di Kalimantan Timur Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kaltim menggelar pelatihan jurnalistik bagi wartawan di Balikpapan. “Peran media massa dalam pencegahan terorisme sangatlah penting,” ungkap Ketua bidang media massa, humas dan sosialisasi FKPT Kaltim Sofyan Masykur dalam pembukaannya, Selasa (13/10/2015).

Sofyan menerangkan pelatihan jurnalistik megenai pencegahan terorisme sangat penting karena media massa memiliki peran yang penting. Aksi terorisme adalah tindakan komunikasi massa berbentuk kekerasan dan media merupakan strategi penting dalam melakukan kontra terorisme.

“Media harus memiliki kesadaran terkait etika dan tanggungjawab moral sesuai kode etik jurnalistik. Mengingat karena pemberitaan yang disajikan dibaca dan dilihat masyarakat. Dan media,” tandasnya.

Sofyan mengharapkan dari pelatihan jurnalistik media massa juga tidak hanya sebagai kepanjangan tangan penyebaran informasi. Namun juga menjadi sarana yang mencegah penyebaran paham terorisme.

Dalam pelatihan jurnalistik bagi media massa Kaltim FKPT provinsi Kalimantan Timur ini diikuti lebih dari 30 wartawan dari berbagai media massa dari media elektronik, cetak, dan online. Adapun sebagai pembicara hadir pula Ketua Dewan Pers Indonesia Prof. Dr. Bagir Manan, SH mengenai peranan pers menghadapi terorisme. (fey-Gk)

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.