Home » Gambar Cagub Kabur, Empat Ribuan Surat Suara Pilgub Kaltim Rusak di Balikpapan

Gambar Cagub Kabur, Empat Ribuan Surat Suara Pilgub Kaltim Rusak di Balikpapan

kpu_logistik_2
Ilustrasi kesibukan di KPU Balikpapan

BALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Empat ribuan kertas suara Pilgub Kaltim 2013 yang sudah tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan dinyatakan rusak, dan sedang diminta penggantian ke KPU Provinsi. Hingga kini sudah 75 persen kebutuhan logistik penyelenggaraan pilgub Kaltim tahun 2013, telah tiba di Balikpapan.

KPU Kota Balikpapan mencatat, hingga kini setidaknya 75 persen kebutuhan logistik penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kaltim tahun 2013 telah berada di Balikpapan, dimana sisanya diharapkan paling lambat tiba pada 3 September 2013.

Anggota Komisioner KPU Balikpapan Muhammad Ramli mengatakan kalkulasi ini termasuk diantaranya surat suara yang mulai tiba sejak 25 Agustus 2013. Dengan rincian, dari 416.417 ribu lembar surat suara yang seharusnya diterima, 600 lembar belum terkirim dan 3.985 lembar dinyatakan rusak.

Rusaknya surat suara ini diakibatkan beberapa factor. Diantaranya akibat tetesan tinta percetakkan, hingga gambar calon yang kabur. Surat suara yang rusak telah kami laporkan ke KPU provinsi, untuk selanjutnya dicetak ulang dan dikirim ke Balikpapan paling lambat pada 3 September, kata Muhammad Ramli.

Ramli menambahkan, jumlah surat suara lebih 2,5 persen dari jumlah warga Balikpapan yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni 406.526 jiwa.

Selain itu, KPU Kota Balikpapan bekerjasama dengan aparat kepolisian dan Satpol PP untuk melakukan pengamanan selama 24 jam, terhadap surat suara dan logistik yang masuk ke Balikpapan.

2.600 BILIK SUARA

Sementara itu, hingga kini KPU Kota Balikpapan telah menerima 1.300 bilik suara yang dikirim dari dua kabupaten dan kota, untuk penyelenggaraan Pilgub Kaltim 2013, dari total bilik suara yang dibutuhkan sebanyak 2.600 buah.

Muhammad Ramli menjelaskan, KPU Kota Balikpapan telah menerima 1.600 bilik suara, yang dipinjamkan dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda. Pihaknya saat ini masih menunggu 1.300 bilik suara pinjaman lain, dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sebanyak 500 buah, dan kabupaten Paser sebanyak 800 buah. Jadi total bilik suara yang dibutuhkan Balikpapan sebanyak 2.600 buah, katanya.

Ditambahkan, bilik suara tersebut akan ditempatkan di 1. 281 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Balikpapan. Dari jumlah TPS ini terbanyak berada di Kecamatan Balikpapan Utara yang jumlahnya lebih dari 300 TPS.

(Riswan Danu)

Sumber: BKV Channel

Check Also

Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Soal banjir yang makin dikeluhkan masyarakat Kota Samarinda,  Rusmadi menceritakan pengalamannya, bahwa jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *