Home » GerbangNews » Gubernur Awang Tawarkan Kaltim Jadi Ibu Kota Negara
Salah satu unggulan yang dimiliki Kota Balikpapan

Gubernur Awang Tawarkan Kaltim Jadi Ibu Kota Negara

GERBANGKALTIM.COM. Balikpapan.- Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak, menawarkan Kaltim kepada pemerintah provinsi (pusat), agar ibu kota negara dan pemerintahan bisa dipindahkan ke Kalimantan Timur. Alasan penawaran ini karena provinsi Kaltim jauh lebih siap jika dibandingkan dengan Provinsi Kalteng.

Kesiapan Kaltim sebagai ibu kota negara dan pusat pemerintahan ini, meliputi lokasi Provinsi Kaltim yang strategis. Kemudian dari segi infrastruktur, termasuk pelabuhan dan bandara internasional, Kaltim telah memiliknya. Tawaran ini sebenarnya sudah disampaikan Gubernur Kaltim Awang ke pemerintah pusat sudah sejak 2 tahun yang lalu.

Bahkan dalam penewaran ini, Gubernur Kaltim menawarkan agar Kota Balikpapan dapat dijadikan sebagai ibu kota nagara dan sekaligus pusat pemerintahan.

Menurut Awang, sudah 2 tahun lalu usulan ini disamapikan ke Komisi II DPRI. “Pertimbangannya, Kaltim memiliki infrastruktur yang lengkap mulai dari jalan tol, pelabuhan dan bandara, termasuk kawasan industri serta listrik 1000 mega watt. Pemprov Kaltim mengusulkan, Kota Balikpapan dan sekitarnya bisa dijadikan sebagai ibu kota negara dan pusat pemerintahan,” rinci Gubernur Awang Faroek.

Awang menambahkan, kondisi Kota Balikpapan juga memiliki teluk, Jembatan Pulau Balang serta jembatan Tol Penajam Paser Utara (PPU) – Balikpapan. “Maka sangat cocok untuk ibu kota negara. Namun, jika pemerintah pusat berkeinginan ke kabupaten dan kota lainnya, maka Kutai Kartanegara juga cocok untuk ibu kota negara,” usul Awang lainnya.

Check Also

Diduga Mesum Pasangan Remaja Diamankan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sejumnlah pasangan remaja yang diduga melakukan perbuatan asusila diamankan petugas Polsek Balikpapan, Kalimantan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *