Home » Guru di Perbatasan Harus Dapat Tunjangan Khusus

Guru di Perbatasan Harus Dapat Tunjangan Khusus

2DPRDEncik WidyaniSAMARINDA, GERBANGKALTIM.COM,— Dinas Pendidikan diimbau untuk meningkatkan kualitas tenaga kependidikan, peningkatan kesejahteraan, serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Khususnya di daerah perbatasan, agar tidak terjadi kesenjangan perkembangan pendidikan dengan daerah perkotaan.
Tenaga pendidik yang bertugas di daerah pedalaman dan perbatasan juga perlu diberi tambahan insentif yang lebih besar atau tunjangan khusus. Penambahan insentif atau tunjangan khusus tersebut sebagai bentuk penghargaan bagi guru yang mengabdikan diri untuk melayani masyarakat di pedalaman dan di perbatasan.
“Tunjangan khusus tersebut bukan suatu yang berlebihan. Karena melihat cara kerja, dan sulitnya medan menuju tempat kerja, juga mahalnya biaya transportasi dan biaya hidup di sana. Jadi sah-sahnya saja dan pantas jika tenaga pendidik di perbatasan mendapatkan keistimewaan tersebut. Hal itu pun sebagai support atas kerja mereka selama ini. Yang pasti tunjangan itu akan berpengaruh pada kinerja mereka. Sebab, jika penghasilan bertambah, kinerja pun akan semakin meningkat,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Encik Widiyani.
Pelayanan maksimal berupa peningkatan sarana, prasarana dan infrastruktur yang dapat menunjang peningkatan mutu pendidikan di daerah terpencil juga dinilai perlu. Contohnya ruang belajar yang layak dan nyaman untuk belajar.
Sebab di daerah terpencil dan perbatasan Kaltim, masih banyak berdiri sekolah-sekolah yang tidak layak untuk proses belajar mengajar.
Terkait infrastruktur, Encik juga berharap pemerintah segera memperbaiki jalan-jalan desa yang dilalui warga untuk menuju sekolah.
”Dengan terwujudnya program peningkatan di bidang pendidikan tersebut, diharapkan program anggaran 20 persen untuk pendidikan dapat diimplementasikan secara lebih terarah dan lebih bermanfaat mempercepat ketertinggalan Kaltim di dunia pendidikan,” katanya. (adv/lin/met)
Sumber: Tim Media DPRD Kaltim

Check Also

Kabel FO Telkom Grogot Tertabrak Truk, Ganggu 7 Tower Telkomsel

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Kabel Fyber Optik (FO) udara milik TelkomTanah Grogot pada Rabu (17/1) malam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *