Home » GerbangNews » Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H, Pertamina Pastikan Stok BBM dan Elpiji Aman

Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H, Pertamina Pastikan Stok BBM dan Elpiji Aman

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI pastikan stok BBM dan LPG di Pulau Kalimantan aman. Dengan catatan tren peningkatan konsumsi BBM dan LPG yang terjadi selama ini, Pertamina telah menyiapkan stok tambahan yang bervariasi di tiap-tiap daerah dengan rata-rata kenaikan 7 % untuk produk BBM dan 6 % untuk LPG.

Area Manager Communication & Relations Pertamina Kalimantan, Alicia Irzanova menyampaikan kenaikan konsumsi BBM dan LPG pada Ramadhan dan Idul Fitri merupakan hal yang sudah lumrah terjadi terutama jelang puncak arus mudik dan arus balik. Sebagai contoh di wilayah Kalimantan Timur untuk produk Premium, Pertamina telah menyiapkan stok hingga 925 KL per hari atau meningkat sebesar 3 % dari rata-rata harian normal. Tak hanya itu, Pertalite sebagai salah satu BBM unggulan Pertamina dengan angka oktan 90 juga telah disiapkan antisipasi kenaikannya hingga 16 % atau sejumlah 646 KL per hari.

Sedangkan untuk bahan bakar minyak subsidi lainnya seperti Minyak Tanah diprediksi naik hingga 12% atau setara 6,7 KL per hari. Di sisi lain, Solar diprediksi mengalami penurunan hingga 4 % dengan rata-rata harian konsumsi 475 KL jika dibandingkan dengan konsumsi normal.

Tidak jauh berbeda dengan produk BBM, Pertamina juga telah menyiapakan antisipasi kenaikan konsumsi produk LPG khususnya 3 Kg. Melihat tren konsumsi pada momen Ramadhan dan Idul FItri sebelumnya, kenaikan konsumsi LPG 3 Kg diperkirakan mencapai angka 8 % atau sekitar 360 MT per hari jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi normal. Sedangkan untuk LPG Non-Subsidi diprediksi mengalami penurunan hingga 30% dengan rata-rata konsumsi 71,53 MT per hari.

Kenaikan tren konsumsi hingga 10 % menjadi 386 KL per hari juga dirasakan oleh produk Avtur mengingat adanya penambahan jadwal penerbangan menjelang arus mudik maupun arus balik Hari Raya Idul Fitri. Angka tersebut merupakan prediksi kenaikan yang terjadi di DPPU Sepinggan yang melayani kebutuhan penerbangan di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Kota Balikpapan. DPPU tersebut melayani sebanyak kurang lebih 88 penerbangan komersial maupun charter dari 32 maskapai serta melayani penerbangan dari Angkatan Udara sebanyak rata-rata 2 penerbangan setiap harinya.

Guna mengakomodasi tren konsumsi yang beragam tersebut, selain menambah stok produk merujuk tren yang timbul pada tahun sebelumnya, Pertamina juga telah menyiapkan berbagai strategi guna mengamankan distribusi BBM dan LPG ke masyarakat, termasuk melakukan pemantauan berkala dan membentuk Tim Satgas.

“Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang mulai aktif bekerja pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri. Bahkan pada H-5 s.d H+5 Idul Fitri, satgas dan supply point seperti TBBM dan Terminal LPG jika diperlukan akan beroperasi selama 24 Jam sebagai antisipasi meningkatnya tren konsumsi pada puncak arus mudik dan arus balik”, tambah Alicia.

Satgas ini dibentuk dalam rangka memonitor stok BBM dan LPG secara lebih komprehensif yang diperkuat oleh person in charge (PIC) dari berbagai fungsi diantaranya Sales Excecutive baik Retail Maupun Domestic Gas, Aviasi, Supply & Distribution, Keuangan, IT dan didukung penuh oleh Hiswana Migas serta berbagai fungsi dan instansi terkait lainnya.

“tidak hanya membentuk Satgas yang beranggotakan Internal Pertamina, koordinasi dengan pihak eksternal seperti pemerintah daerah setempat, pihak kepolisian hingga dinas-dinas terkait akan terus kami lakukan”, pungkas Alicia.

Check Also

BNNK BALIKPAPAN PERINGATI HANI 2018

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setelah tertunda, pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 ru bisa dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.