Home » GerbangNews » Harga Telur Melonjak Tajam

Harga Telur Melonjak Tajam

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Jelang ramadan harga sejumlah kebutuhan pokok memang masih terbilang normal, tidak terkecuali harga telur yang justru mulai melonjak. Harga telur berkisar 50 ribu rupiah perpiringnya (30 butir) atau 1700 rupiah perbutir. Sebelumnya  hanya 1400 rupiah perbutirnya.

Menurut pedagang, kenaikan harga telur ini sangat wajar menjelang bulan Ramadan. Pasalnya, kebutuhan telur di Kota Balikpapan setiap bulan Ramadan selalu melonjak tajam. Telur merupakan salah satu bahan untuk pembuat kue dan jajanan yang akan dijual di pasar Ramadan.

Meski harga melonjak, namum pasokannya di sejumlah pasar tradisional di Balikpapan masih relatif aman. Umumnya telur telur dipasok dari Pulau Jawa dan Sulawesi. Sebelum Ramadan datang harga telur berkisar 1.400 rupiah, namun setelah masuk bulan suci, harga telur perlahan merangkak naik. Kini selisihnya harganya kurang lebih 300 rupiah. Konsumen berharap, harga ini tidak akan naik lagi, bahkan mungkin bisa turun.

SIDAK

Sementara itu, jajaran Polda Kalimantan Timur (Kaltim) bersama dengan Dinas Perdagangan dan Bulog melakukan inspeksi mendadak (sidak)  disejumlah distributor sembako dan pasar tradisional di Balikpapan. Dari sidak tersebut, belum ditemukan kelangkaan ataupun adanya lonjakan harga bahan pangan lainnya.

Satgas pangan yang terdiri dari Ditreskrimsus Polda, Dinas Perdagangan dan Bulog melakukan sidak kesejumlah distributor sembako dan pasar tradisional di Kota Balikpapan.

Sidak dilakukan untuk mengecek ketersediaan bahan pangan, khususnya menjelang bulan Ramadan. Sidak dipimpin langsung Kombespol Yustan Alpiani selaku Dirkrimsus Polda Kaltim dan Kepala Dinas Perdagangan dan Bulog Balikpapan.

Sejumlah pasokan kebutuhan pokok yang disidak diantaranya beras, bawang hinga ketersediaan garam. Dari sidak yang dilakukan belum ditemukan kelangkaan ataupun adanya lonjakan harga bahan pangan.

“Sidak juga dilakukan terhadap para agen elpiji yang ada di beberapa lokasi,” ujar Kombespol Yustan Alpiani. Sidak dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan subsidi dan sekaligus mengecek ketersediaan gas elpiji. (hm)

Check Also

Manggar Jadi Perkebunan dan Beternak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Calon wakil gubernur (cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Safaruddin memprediksi, kawasan Manggar, Balikpapan Timur, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *