Home » GerbangNews » Hawk 100/200 Turunkan Paksa Pesawat Musuh

Hawk 100/200 Turunkan Paksa Pesawat Musuh

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak, menurunkan paksa pesawat musuh yang memasuki wilayah udara NKRI. Kegiatan ini menjadi bagian dari latihan udara yang bersandikan Kilat Cakra B-18 dan Operasi Tangkis Petir 18 yang dilaksanakan Kosek Hanudnas II Makassar di Lanud Balikpapan.

Ada 3 pesawat tempur Hawk 100/200 mendarat di Base Ops Lanud TNI AU Balikpapan.  Kedatangan pesawat jet tempur TNI AU tersebut dalam rangka latihan Kilat Cakra 2018 dan Operasi Tangkis Petir 18.

Latihan bertujuan untuk kesiapsiagaan  dan meningkatkan kemampuan pertahanan udara TNI AU dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI ini,  dilaksanakan dari 4 Maret hingga 9 Maret 2018 di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI II).

Kegiatan ini melibatkan 300 personel,  mulai dari penerbang dan unsur pendukung, diantaranya pesawat Boeing, berperan sebagai pesawat musuh yang dipaksa turun dan mendarat di Bandara SAMS  Sepinggan Balikpapan.

Selain itu, juga ada  pesawat Hercules Heli Superpuma dari Skuadron 6 juga diturunkan yang  berfungsi sebagai stanbye sar. Jika ada pergerakan pesawat tempur, maka  akan ada helikopter dilengkapi personel paskas. Selain itu kegiatan juga akan melatih unsur radar sebagai mata pengintai.

Asisten Operasi Kosek Hanudnas II Makassar, Kolonel Penerbang Purwanto Adi Nugroho, mengatakan latihan ini dilaksanakan di Balikpapan.  Karena di Balikpapan ada satuan radar  yang jadi unsur di bawah Kosek Hanudnas, termasuk  juga melibatkan pesawat tempur, karena ini latihan pertahanan udara yang terkait alustsista udara.

“Kegiatan ini juga bertujuan edukatif yang didalamnya terdapat unsur penyegaran yang dilaksanakan  personel Kosekhanudnas II dan jajarannya tentang Sistem dan Mekanisme Operasi Pertahanan Udara,” kata Asop Kosek Hanudnas II Makassar, Kolonel P Purwanto Adi Nugroho. (hm)

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.