Home » GerbangNews » Helmy Lathyf ‘Lengser’, Fathurrahman Jadi Sekda Paser
Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi Berjabat tangan dengan AS Fathurrahman yang baru saja dilantik menjadi Sekretaris Ddaerah Kabupaten Paser

Helmy Lathyf ‘Lengser’, Fathurrahman Jadi Sekda Paser

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.Com) Akhirnya, Helmy Lathief, lengser dari jabatan Sekda Paser menyusul dilantiknya Fathurrahman. Meskipun, Helmy, baru akan memasuki pensiun Februari 2017. Dilengserkan…….?

Bertempat di Pendopo Kabupaten, Kamis (20/10), Bupati Paser  Yusriansyah Syarkawi,  melantik Aji Sayid Fathurrahman, sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Paser.

Fathurrahman sebelumnya adalah pejabat eselon II di Pemprov Kaltim. Dia terpilih setelah mengalahkan ‘rivalnya’ dalam seleksi calon Sekda yakni Amiruddin Ahmad Kadis Sosial dan Herriansyah Idris Asisten I Setda Paser.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Paser Mardikansyah, Ketua DPRD Paser Kaharuddin, Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Arm Mulyadi, perwakilan Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan, serta Kepala SKPD di daerah itu.

“Dalam UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN, telah banyak mengalami perubahan peraturan kepegawaian. Perubahan tersebut diantaranya adalah pengangkatan pejabat tinggi pratama atau sebelumnya yang dikenal dengan pejabat struktural eselon II,” kata Yursiansyah dalam sambutannya usai dilakukan pelantikan.

Dengan diberlakukannya UU tersebut kata Yusriansyah mengharuskan Pemerintah untuk mengangkat Sekda Paser.

“Sebelum ditetapkan dan dilantik pada hari ini, ada beberapa tahapan yang telah dilalui oleh para calon Sekda yang dilaksanakan oleh panitia seleksi (pansel).

Penyaringan Calon Sekda Paser kata Yursriansyah dilakukan  secara terbuka. Siapa pun yang memenuhi persyaratan, berhak untuk mengikutinya.

Baik itu itu ASN yang berasal dari Kabupaten Paser, maupun dari luar Kabupaten Paser.

“Bupati Paser telah menetapkan pejabat terpilih, yang telah mendapat rekomendasi dari ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, untuk memilih satu dari tiga calon yang direkomendasikan” kata Yusriansyah.

“Bupati Paser juga telah mendapatkan persettujuan dari Menteri Dalam Negeri untuk melakukan pelantikan,” imbuh Yusriansyah.

Jabatan Sekda dalam Pemerintah Daerah menurut Yusriansyah sangatlah strategis.

“Jadi sudah selayaknyalah bila pejabat yang terpilih untuk menduduki jabatan ini, merupakan aparatur pemerintah yang terbaik diantara yang terbaik,” ujar Yusriansyah.

Sekda Paser lanjut ia, saat ini menghadapi beberapa pekerjaan yang telah menunggu.

“Seperti mengelola organisasi di tengah kondisi defisit saat ini, serta mengatur organisasi perangkat daerah seperti yang diatur dalam PP No 18 Tahun 2016,” ujar Yusriansyah.

Oleh karena itu kata Yusriansyah, ia meminta kepada Sekda yang baru dilantik itu untuk dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya.

“Saya juga meminta kepada para pegawai untuk bisa mengemban amanat dari rakyat untuk bisa bekerja lebih baik. Jangan sampai kondisi defisit ini mengendorkan semangat pelayanan kepada masyarakat,” kata Yusriansyah.(Jya)

Check Also

Manggar Jadi Perkebunan dan Beternak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Calon wakil gubernur (cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Safaruddin memprediksi, kawasan Manggar, Balikpapan Timur, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *