Home » Gerbang Business » HIPMI Usulkan Pembayaran Pakai Rupiah

HIPMI Usulkan Pembayaran Pakai Rupiah

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Lemahnya nilai rupiah hingga Rp 13 ribu per dollar Amerika, membuat HIPMI Balikpapan menginisiasi pemerintah pusat agar menerapkan kewajiban transaksi menggunakan rupiah.

Bahkan anggota HIPMI Balikpapan sudah ada beberapa yang menerapkan pembayaran rupiah.

Ketua BPC HIPMI Balikpapan H Abdul Gofur Mas’ud mengatakan transaksi pembayaran dengan rupiah diyakini akan memberikan pengaruh yang cukup besar bagi penguatan rupiah atas dollar Amerika.

Bagi usaha yang berorientasi ekspor justru penguatan dollar diuntungkan namun juga dilema bagi industri dalam negeri yang bahan bakunya orientasi impor. Kondisi ini justru tidak sehat jika dibiarkan kaena itu butuh keseimbangan.

Gofur menyebutkan salah sektor yang bisa dimulai yakni di usaha pertambangan. Pengusaha pertambangan bisa menerapkan  transaksi pembayaran menggunakan rupiah.

“ Itukan bayarnya dollar. Kita mengupayakan bayar pakai rupiah agar rupiah jadi tuan rumah di negara sendiri,” tandas Gofur disela-sela acara diskusi HIMPI Balikpapan akhir pecan kemarin.

Pengusaha perkapalan dan angkutan perminyaka ini bahkan menyebut Singapura sebagai nagera yang menerpakan kebijakan penggunaan dollar Singapur bukan Amerika.

“ Kalau kita disana transaksi pakai dolar Amereka itu ngak laku harus tukarkan dulu kemata uang dolar Singapura. Harusnya kita mencontoh dan menerapkan kebijakan seperti itu. Ini saran kita kepada pemangku kebijakan. Kita harus bangga gunakan rupiah sendiri,” tuturnya.

“ Saya pernah bayar pakai uang dollar Amerka ini ngak laku diminta tukarkan ke dollar Singapur,” sambungnya.

Gofur bahkan menyebut beberapa anggotanya sudahada yang menerapkan pembayaran gunakan rupiah dalam transaksinya. “ Ada beberap sudah terapkan bayar pakai rupiah,” katanya.

Pengusaha muda lain Hasanuddin yang juga Bendahara Umum HIPMI Balikpapan meyakini jika kita menerapkan mata uang rupiah akan memberikan imbas yang besar.

Jika semua pihak termasuk pelaku usaha menerapkan transaksi menggunakan rupiah maka uang rupiah yang akan beredar lebih besar dibandingkan dollar. “ Mereka harus tukar dulu dari dollar ke rupiah,” pungkasnya.(fey-Gk)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.