Home » GerbangNews » Hutan Mangrove Margomulyo Jadi PRPM

Hutan Mangrove Margomulyo Jadi PRPM

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Kementrian Kelautan dan Perikanan RI hari ini menandatangani perjanjian kerjasama pusat restorasi dan pembelajaran mangrove (PRPM) dengan Pemerintah kota Balikpapan di SMAN 8 kelurahan Margomulyo. “Penandatangan MoU ini sangat penting yakni sebagai pengelolaan ekosistem mangrove di kelurahan Margomulyo kota Balikpapan,” kata Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau kecil Sudirman Saad di Balikpapan.

Menurutnya, di Indonesia hutan mangrove ada 3,5 juta hektar dan ini akan terus dikembangkan. Potensi hutan mangrove dalam lingkungan hidup memiliki banyak manfaat.

Untuk itu, di Balikpapan pemerintah memilih Margomulyo sebagai tempat pembelajaran mangrove. Dengan demikian akan ada peningkatan kapasitas lembaga, pemanfaatan dan pembangunan sarana pendukung pusat restorasi. “Saat ini di Margomulyo ada lebih 20 hektar hutan mangrove nya dan kalo bisa ditambah karena masih ada potensi perluasan,” serunya.

Selain sebagai tempat pembelajaran mangrove Sudirman menyarankan, kawasan hutan mangrove juga bisa dijadikan kawasan wisata mangrove dimana dalam hutannya ada bekantan. Dan Balikpapan tidak hanya sebagai transit tapi juga berwisata bagi wisatawan,” pungkasnya saat meninjau hutan mangrove di Margomulyo yang letaknya dibelakang SMAN 8 Balikpapan, (19/8/2015).

Dikesempatan yang sama Wali kota Balikpapan Rizal Effendi menyambut baik MoU ini karena ini sangat baik dan menunjang pembelajaran siswa SMAN 8 Balikpapan, sekaligus masyarakat sekitar.

Ia menjelaskan sejak SMAN 8 berdiri memiliki wawasan hutan mangrove karena di Margomulyo ditanami mangrove dan menjadi kawasan konservasi hutan. “Ada 20 hektar yang ditanami mangrove. Konservasi hutan di Balikpapan akan terus ditambah,” ujarnya.(fey-Gk)

Check Also

Bersyukur Pasangan Nomor 4 Teratas

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Aura “kemenangan” Rusmadi Wongso sebagai Gubernur Kaltim periode 2018-2023 mewarnai acara open house …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *