Home » GerbangNews » INVESTOR COASTAL ROAD KABUR
Reklamasi pantai

INVESTOR COASTAL ROAD KABUR

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Empat dari tujuh investor pemenang lelang investasi proyek reklamasi kabur. Tidak memperpanjang uang jaminan kerja reklamasi. Alasannya, karena  Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), molor  dalam menerbitkan izin lokasi.

Rencana pembangunan kawasan Pesisir Pantai Balikpapan melalui reklamasi tidak berjalan mulus. Setelah digagas sejak 2004,  hingga kini sama sekali belum ada pekerjaan di lapangan. Bahkan kabar terbaru, empat dari tujuh investor pemenang lelang investasi proyek reklamasi ini memilih tidak memperpanjang uang jaminan kerja reklamasi.

Soal izin lokasi yang  hampir dua tahun belum dikeluarkan, sejak izin prinsip diberikan kepada tujuh investor pada 11 Januari 2016 lalu.  Penyebabnya, karena  kewenangan di wilayah perairan Balikpapan yang ditarik menjadi kewenangan provinsi, sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Namun,  Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak telah melimpahkan kewenangan pemberian izin lokasi coastal area kepada Walikota Balikpapan Rizal Effendi,  sejak Desember 2016.

Asisten II Setkot Balikpapan, Sri Soetantinah, menjelaskan alasan empat investor tidak memperpanjang, karena tahapan molor dan izin lokasi yang belum dikeluarkan Pemkot Balikpapan.

“Izin lokasi bisa segera diterbitkan oleh walikota. Ketika izin lokasi telah diberikan, otomatis kewajiban investor adalah menyetorkan uang jaminan. Selanjutnya investor harus mengurus izin reklamasi dan izin keruk ke Kementerian Perhubungan,” terang Soetantinah yang juga menjabat Ketua Badan Pengendali Coastal Area ini.

Di tingkat pemerintah daerah,  investor harus menyusun kajian lingkungan, upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UKL-UPL), mengacu pada analisa mengenai dampak lingkungan (amdal) yang sudah ada. Setelah itu,  investor sudah bisa melakukan pekerjaan di lapangan sambil berjalan. Investor bisa mengurus izin site plan untuk areal hasil reklamasi dan izin mendirikan bangunan (IMB) diatasnya. (hm/sh)

Check Also

Polda Kaltim Ungkap 38 Kasus Korupsi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sepanjang tahun 2017 lalu, Polda Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil mengungkap 38 kasus korupsi. Kasus ...

One comment

  1. Memang kerja tim coastal road balikpapan sangat lambat terkesan malas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *