Home » Gerbang Business » Bandara » Jakarta Tourism Expo Targetkan Rp2,5 Miliar di Balikpapan
foto ilustrasi wisata Jakarta. (foto: www.jakarta-tourism.go.id)

Jakarta Tourism Expo Targetkan Rp2,5 Miliar di Balikpapan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com,—Penyelenggara Jakarta Tourism Expo (JTE) 2015 menargetkan penjualan tiket dan paket wisata sebesar Rp2,5 miliar selama menggelar pameran di Kota Balikpapan 27-29 November yang berlangsung di Super Block atau E Walk Balikpapan.

Pameran digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama industri pariwisata Jakarta dan Balikpapan ini terkait datangnya liburan panjang pada Desember 2015 Hingga Januari 2016. Selama pameran ditawarkan paket wisata yang super murah bahkan menawarkan crazy sale untuk paket-paket  wisata Jakarta.

Di kota Balikpapan, penyelenggaraan JTE merupakan kali ketiga dan pada tahun ini Balikpapan menjadi kota terakhir penyelenggaraan JTE 2015 yang sebelumnya telah digelar diempat kota yakni Medan, Makasar, Pontianak dan Surabaya. Selama pelaksanan JTE di empat kota, telah terjadi transaksi penjualan paket wisata yang cukup memuaskan seperti kota Medan terjadi transaksi sebesar Rp1,7 miliar, kota Makasar Rp1,8 miliar, Pontianak Rp 2,1 miliar dan Surabaya Rp1,7 miliar.

“Khusus transaksi di Balikpapan kami berharap dapat mencapai 100 persen yakni Rp2,5 miliar. Kalau dibandingkan tahun lalu sekitar Rp1,3 miliar transaksi yang dibukukan,” tutur Kasi Promosi Pariwisata Dalam Negeri Dinas Pariwisata DKI Jakarta Umuarsih Badriyah dalam penjelasan JTE, Kamis (26/11/2015).

Menurutnya  selain untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan Nusantara  bagi PAD DKI,  dalam JTE juga ikut diperkenalkan kota Balikpapan. Hal ini disebabkan,  banyak sekali masyarakat Balikpapan yang ber kunjung dan  berlibur ke Jakarta. Sedangkan dipilihnya  Kota Balikpapan sebagai salah satu kota tempat diselenggarakannya JTE  karena sebagai salah satu kota di Kaltim  yang memiliki income perkapita tertinggi kedua setelah Jakarta. “Tentunya potensi pertumbumbuhan ekonomi, arus barang dan orang yang sangat tinggi menjadi salah satu pertimbangan JTE kembali digelar di kota minyak ini. Dan dalam JTE kita akan gelar table diner, pemaran umum-crazy sale dan paket-paket tour bersama dua airline Citilink dan Sriwijaya Air,” kata Badriyah.

Pameran JTE 2015 di E Walk akan berlangsung selama tiga hari yakni Jumat, Sabtu dan Minggu, akan dilakukan Hour Crazy Sale yakni menawarkan harga kamar bintang hanya Rp99 ribu per malam, dengan diskon tiket pesawat hingga 50 persen. “ Itu kita jual saat Crazy sale jam 18.30-19.30 hari minggu. Itu berlaku mulai tanggal 28 November hingga 31 Januari tapi ada periode yang tidak berlaku saat peak sesoan 12 Desember -2 Januari ,” ujar Indra Anggoro dari panitia JTE 2015.

Bahkan sebut Indra pada hari terakhir pameran akan ditawarkan paket-paket perjalanan wisata ke Jakarta dengan harga yang jauh lebih murah. “ Paket-paket itu akan dilelang dengan potongan harga yang jauh lebih murah,” tambahnya.

Selama JTE akan melibatkan  sekitar 85 mall diantara Thamrin city, ITC mangga Dua, Blok B Tanah Abang dan sekitar, 1257 hotel dan restoran termasuk lokasi hiburan. “ Kami juga akan bagi-bagi vouher belanja secara cuma-cuma untuk berbelanja di mall-mall,” tutur Lucy Nazirwan PR dan Promosi Perwakilan pusat perbelanjaan.

Wisata berbelanja akan menarik karena  menawarkan vouver gratis dan harga yang menarik. Bahkan sebut Lucy dalam hal berebelanja, kota Balikpaapn menempati urutan ketiga setelah Bandung, Makasar.“ Jadi memang JTE ini sangat membantu industry pariwisata,” tambahnya.

Sementara dua airline nasional Citilink dan Sriwijaya yang ikut andil dalam JTE juga menawarkan tiket yang sama-sama menarik.” Untuk Sriwijaya kita siapakan 5 seat kelas utama seharga Rp1,4 juta BPP-Jakarta. Ada juga diskon 5 persen  untuk sekali perjalanan dan 10 persen tiket PP bagi pemesan yang melakukan transaksi saat 1 hour Crazy sale,” sebut Fredy De Hart distrik Manager  Sriwijaya  Area Balikpapan.

Untuk Citilink akan diberikan diskon hingga 50 persen rute BPP-Jkt saat crazy sale. “ Selama penawaran JTE ini pembelian paket dapat membeli tiket melalui kartu kredit dan dapat dicicil selama 1 tahun, dapat pula diskon 10 persen selama pameran ditambah cashback 100 ribu bagi pengguna kartu kredit BNI,” ungkap Husnul Mulia Senior Manager New Distribution Channel Citilink dalam kesempatan yang sama.(rif-gk)

Check Also

Diduga Mesum Pasangan Remaja Diamankan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sejumnlah pasangan remaja yang diduga melakukan perbuatan asusila diamankan petugas Polsek Balikpapan, Kalimantan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *