Home » GerbangNews » JALAN A YANI TERGENANG AIR 1,5 METER
Situasi banjir di sekaitar Jalan A Yani Balikpapan

JALAN A YANI TERGENANG AIR 1,5 METER

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Hujan deras mengguyur Kota Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur (Kaltim) yang berlangsung hanya lebih kurang satu jam, membuat Jalan Ahmad Yani tergenang banjir hingga 1,5 meter. Akibatnya, arus lalu lintas terganggu.

Petugas yang berada di lapangan, terpaksa mengalihkan arus lalu lintas yang menuju ke Jalan Sudirman agar melintasi Jalan Mayjend Soetoyo Gunung Malang. Sedangkan yang akan menuju Jalan Soekarno-Hatta, diarahkan melintasi Jalan Cemara tembus ke Puskib.

Kabid Linmas Satpol Pp Kota Balikpapan, Subardiyono, mengatakan ada beberapa titik ruas jalan di Balikpapan yang tergenang banjir. Salah satunya, Jalan A Yani simpang Gunung Malang. Untuk kelancaran arus lalu lintas, maka arusnya dialihkan untuk sementara.

Banjir tidak saja menggenangi kawasan Jalan A Yani Balikpapan Tengah, tapi genangan air akibat hujan deras itu juga menenggelamkan sebagian badan jalan di MT Haryono Balikpapan Selatan, sebagian kawasan Damai dan lainnya. Akibat banjir ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan berencana menggelontorkan dana kurang lebih 130 miliar untuk penanggulangannya.

Pembiayaan sebesar itu disepakati Pemkot Balikpapan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), akan diambil dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dana sebanyak itu, tidak hanya untuk membiayai soal banjir, tapi juga dipergunakan buat pendidikan dan kesehatan. “Untuk kesehatan sebesar 20 miliar rupiah,” jelas Walikota Rizal Effendi.

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, memperkuat penjelasan Walikota Rizal. Menurutnya, alasan pembatalan pembangunan gedung dewan, karena ada kepentingan masyarakat yang lebih utama. Salah satunya penanggulangan banjir. “Selain penanggulangan banjir, APBD tahun 2018 juga masih membutuhkan dana untuk bidang kesehatan dan pendidikan,” tambah Abdulloh.

Rencana pembangunan gedung dewan yang dibatalkan senilai 75 miliar. Dana pembatalan ini nantinya akan difungsikan untuk penanggulangan banjir di Balikpapan. Abdulloh “ikhlas” rencana pembangunan gedungnya dibatalkan dan dananya dialihkan untuk kepentingan masyarakat lebih luas. (hm/sh)

 

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.