Home » GerbangNews » Satpol PP Razia Ratusan Petasan
Razia petasan.

Satpol PP Razia Ratusan Petasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com,—Satpol PP Balikpapan bersama petugas gabungan dari TNI dan Polri mengamankan ratusan petsan dan kembang api dalam sebuah razia pada Selasa (29/12) sore.
Razia tersebut untuk dalam rangka penertiban menjelang tahun baru 2016. Selain petasan, petugas juga mengamankan rombong serta mobil penjual buah-buahan yang kerap berjualan di trotoar.
Pantauan Gerbangkaltim.com, ratusan petugas menggunakan mobil dan truk melakukan penyisiran pada pukul 15.30 wita, mulai dari kawasan Jl Jenderal Sudirman, Jl Marsma R Iswahyudi, Jl MT Haryono Jl Soekarno-Hatta dan Jl Letjen Suprapto.
Di kawasan Jl Marsma R Iswahyudi dan Letjen Suprapto petugas mengamankan rombong dan pikap penjual buah-buahan jenis durian. Petugas langsung mengangkut ke dalam truk dan melakukan pendataan.
Sedangkan di Jl Soekarno-Hatta petugas mengamankan ratusan petasan dari para pedagang. Sebelum merampas petasan dari tangan penjual petasan, petugas terlebih dahulu melakukan tes dengan cara membakar petasan.

Razia petasan
Razia petasan

Kasat Pol PP Balikpapan AKBP Freddy Pasribu melalui Kasiops Sat Pol PP Balikpapan, Subardiyono mengungkapkan dari hasil rampasan petasan nantinya akan dimusnahkan.
“Kami masih mentoleransi kembang api yang meledaknya di atas, tapi kalau petasan yang menimbulkan suara nyaring itu cukup berbahaya maka kami tertibkan,” ujar Subardiyono disela-sela penertiban.
Dikatakan Subardiyono razia akan terus dilakukan.

“Penertiban pedagang petasan dan buah-buahan yang berjualan di fasilitas umum akan rutin dilakukan,” katanya.

Penjual buah musiman yang mulai terlihat di Balikpapan saat ini antara lain penjual buah duriah, rambutan, dan mangga. Di samping itu, buah naga dan buah salak yang merupakan hasil kebun di kawasan kilo Balikpapan Utara, maupun Samboja masih banyak dijajakan pedagang, kakilima.

Pesta Kembang Api

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang pergantian tahun baru banyak bermunculan penjual kembang api dan petasan, maupun aneka jenis terompet. Tiga jenis benda ini memang banyak dicari oleh warga yang ingin menghabiskan malam tahun baru. Sayangnya para pedagang menjajakan dagangannya di pingir-pinggir jalan protokol, sehingga membuat arus lalulintas terhambat.

(tro-GK)

Check Also

Pedagang Dapat Modal Tanpa Agunan

#KaloRusmadiGubernurnya Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Tak perlu menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atawa BPKB. Demikian tagline salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.